Menhub Siap Resmikan ASEAN STOM Ke-33; 22 Mei Mendatang....!

Menhub Siap Resmikan ASEAN STOM Ke-33; 22 Mei Mendatang....!

Jakarta, Kabarindo- ASEAN STOM merupakan pertemuan tingkat pejabat senior bidang transportasi negara ASEAN yang dilaksanakan dua kali dalam setahun yang secara bergiliran di negara-negara anggota ASEAN.

Hal itu dipapar oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan di Jakarta, Jumat seperti dilansir dari laman AntaraNews.

Bambang menuturkan, untuk tahun 2012, Indonesia akan menjadi tuan rumah tidak hanya penyelenggaraan ASEAN STOM ke-33 tetapi juga ASEAN STOM ke-34 yang rencananya akan diselenggarakan di Denpasar, Bali.

Ia memaparkan, ASEAN STOM ke-33 akan membahas antara lain mengenai pelaksanaan tindak lanjut hasil ASEAN Summit ke-20 yang telah dilaksanakan di Phnom Penh, Kamboja, 3--4 April 2012.

Selain itu, lanjutnya, pertemuan tersebut juga akan membahas pelaksanaan negara anggota ASEA terhadap "cetak biru" Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC) dan Rencana Induk tentang Konektivitas ASEAN (MPAC).

Sedangkan pada tingkat Kelompok Kerja Bidang Perhubungan Udara, ujar Bambang Ervan, pertemuan itu akan membahas mengenai finalisasi Komitmen Bidang Pelayanan Jasa Angkutan Udara, ASEAN Single Aviation Market (ASAM), dan perkembangan perjanjian bidang angkutan udara dengan mitra dialog ASEAN yaitu Jepang dan Korea Selatan.

Dalam Kelompok Kerja Bidang Perhuungan Darat, pertemuan akan membahas mengenai perkembangan pelaksanaan Singapore-Kunming Rail Link (SKRL) dan ASEAN Highway Network Project.

Pada Kelompok Kerja Bidang Perhubugan Laut, pertemuan akan membahas mengenai ASEAN Single Shipping Market (ASSM), memutakhirkan pelaksanaan peningkatan keselamatan pelayaran bagi pembentukan rute pelayaran yang efisien, program pelatihan SAR di ASEAN, serta tentang kerja sama dengan IMO (Organisasi Maritim Internasional).

Pertemuan ASEAN STOM ke-33 juga akan membahas mengenai status ratifikasi perjanjian dan protokol ASEAN di bidang transportasi.

"Salah satu agenda pertemuan juga akan membahas perkembangan beberapa kerja sama dengan mitra dialog ASEAN," katanya.

Ia mencontohkan, pembicaraan dengan Jepang akan meliputi penyelenggaraan Konferensi Pemimpin ASEAN-Japan ke-10 di Okinawa, Jepang, 26--27 Juni, dan pembicaraan dengan Korea Selatan mencakup persiapan penyelenggaraan Forum Kerja Sama Transportasi ASEAN-Korea Selatan ke-3 di Yeosu, Korea Selatan, 7-- 8 Juni.