Mazda Gelar Test Drive Mazda2; 24 Jam Penuh

Mazda Gelar Test Drive Mazda2;  24 Jam Penuh

Jakarta, Kabarindo- "Hashiru Yorokobi" atau "Celebrate Driving" dalah filosofi yang dianut Mazda dalam memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Mazda berusaha menyampaikan filosofi tersebut dalam tiap mobilnya.

Untuk membuktikan filosofi tersebut, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) mengundang 30 jurnalis terpilih untuk menguji ketangguhan dan kenyamanan compact city car Mazda2 dalam test drive 24 jam mengelilingi kota Jakarta.

Uniknya, mesin kendaraan "disiksa" dengan cara tidak boleh dimatikan selama test drive.

Presiden Direktur PT MMI Keizo Okue mengatakan test drive ini merupakan kelanjutan kampanye "Be Alive" yang diadakan Mazda pertengahan tahun lalu.

"Melalui 'Be Alive' ini kami berusaha untuk menjadi pelopor dan penggerak terciptanya kemdaraan yang luar biasa dan menyenangkan. Hari ini kami ingin membawa uji berkendara ke tingkat selanjutnya. Kami ingin mengajak setiap orang untuk dapat merasakan kembali nikmat hidup yang membuat jiwa memiliki keterikatan emosional yang menjadikan mobil lebih dari sekedar transportasi," kata Okue, Rabu malam.

Mobil-mobil yang diuji kali ini adalah tipe VMT, VAT, RMT, RAT dan GT. Pada kesempatan kali ini, Beritasatu.com mendapatkan kesempatan menguji varian GT, yang merupakan tipe teratas dari All New Mazda2. Semua tipe memiliki mesin yang sama, yaitu Skyactiv-G 1.5 L. Perbedaannya  terletak pada fitur masing-masing tipe.

Kesan pertama begitu memasuki Mazda2 GT adalah sentuhan modern dan mewah. Speedometer dipantulkan dan tampil di layar depan pengemudi. Head up display ini tidak ditemukan di mobil kelasnya. Salah satu mobil yang memilliki fitur ini adalah BMW X-6 yang kelasnya jauh di atas Mazda2.

Kecanggihan Mazda2 tidak berhenti sampai di situ. Head unit (sistem audio-video) dikendalikan lewat tuas berbentuk bundar di dekat persneling. Tuas seperti ini umumnya ditemukan di sedan-sedan mewah Eropa.

Head unit juga dilengkapi dengan Mazda Connect, sebuah fitur yang menyinkronisasikan smartphone Anda dengan mobil sehingga anda bisa membaca SMS atau melakukan panggilan lewat head unit. Fitur ini juga menjadi cara para jurnalis berkoordinasi dengan panitia untuk mencapai destinasi.

Pengaturan seperti ini adalah cara Mazda menunjukkan filosofinya yang lain, "Jinba Ittai". Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT MMI, mengatakan Jinba Ittai memiliki arti horse and rider as one, atau kesatuan antara mobil dengan pengendara.

"Lalu lintas kota Jakarta yang padat membuat pengendara jenuh. Dengan All New Mazda2 kenyamanan akan terpenuhi ketika mobil dan pengemudi seperti melebur menjadi satu," kata dia seperti dilansir dari laman beritasatu.

Hingga berita ini diturunkan, test drive masih berjalan sejak pukul 19.00 Rabu (4/2) dan baru akan berakhir jam 19.00 nanti.