Mau Tahu Rundown Syukuran Rakyat; Sambut Pelantikan Jokowi

Mau Tahu Rundown Syukuran Rakyat; Sambut Pelantikan Jokowi

Jakarta, Kabarindo- Gabungan sukarelawan dan simpatisan Jokowi-JK akan menggelar Syukuran Rakyat Salam 3 Jari memperingati dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Rangkaian acara syukuran tersebut akan berlangsung empat hari, 17--20 Oktober 2014.

Ketua Panitia Nasional Syukuran Rakyat Abdee Negara mengatakan acara digelar sebagai ungkapan rasa syukur seluruh rakyat Indonesia atas terselenggaranya pileg dan pilpres secara demokratis.

"Kami imbau masyarakat untuk menggunakan baju atasan putih pada setiap acara syukuran berlangsung,” kata Abdee di Jakarta, Rabu malam.

Syukuran pelantikan Jokowi-JK akan diselenggarakan di 22 kota besar di Indonesia dan terpusat di Jakarta. Kota tersebut antara lain Sabang, Banda Aceh, Medan, Palembang, Batam, Bandar Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Kendari, Ambon, Jayapura, dan Merauke seperti dilansir dari laman antaranews.

Berikut susunan acara syukuran:

17--18 Oktober 2014 Diskusi publik dengan tema meliputi Revolusi Mental, Pertumbuhan Ekonomi, Harapan Kelompok Marjinal dan Mewujudkan Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia.

19 Oktober 2014

Doa dan Dzikir bersama umat beragama di setiap tempat ibadah di seluruh Indonesia sepanjang hari. Jokowi-JK akan menghadiri khataman al-quran dan doa bersama di masjid Sunda Kelapa Menteng Jakarta.

20 Oktober 2014

1. Kirab budaya rakyat dari Bundaran HI sampai Istana Negara pukul 13.00. Rakyat akan mengantarkan Jokowi-JK menuju Istana Kepresidenan diiringi komunitas seni, karnaval batik, reog, ondel-ondel, barongsai, abang none, sepeda onthel dan perwakilan daerah seluruh Indonesia.

2. Kuliner rakyat dari komunitas pedagang bakso, siomay, ketoprak ikut serta menyediakan makanan gratis untuk rakyat. Gerobak mereka bertuliskan "Makan Gratis Sampai Habis".

3. Presiden dan Wapres akan melakukan teleconference dengan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia dari Istana Negara.

4. Sore harinya diadakan konser rakyat di tugu Monas bersama Slank dan ratusan artis papan atas. Jokowi-JK hadir untuk menyapa seluruh rakyat, menyampaikan pidato serta potong tumpeng.

5. Pukul 19.00 di Monas akan dilepas ratusan lampion terbang diikuti serentak di puluhan kota besar di Indonesia sebanyak 17.480 buah sebagai simbol harapan persatuan dan kebersamaan sebuah negara kepulauan.