Matahari Departement Store; Masuk 30 Besar Tata Kelola Tertinggi

Matahari Departement Store; Masuk 30 Besar Tata Kelola Tertinggi

Jakarta, Kabarindo- PT Matahari Department Store Tbk (kode saham LPPF) masuk dalam 30 perusahaan teratas yang telah memiliki nilai tata kelola perusahaan tertinggi berdasarkan Asean Corporate Governance Scorecard.

Awal pekan ini, dalam acara The 7th IICD Corporate Governance Conference and Award, Miranti Hadisusilo, corporate secretary & legal director Matahari, menerima penghargaan sebagai Top 50 Public Listed Companies yang telah menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik. Matahari berhasil masuk dalam urutan 30 teratas.

Dengan penghargaan itu, Matahari telah membuktikan konsisten dalam menerapkan tata kelola perusahaan dengan sangat baik. Perusahaan juga senantiasa menjaga kepercayaan publik dengan terus memberikan informasi yang transparan dan terpercaya secara tepat waktu.

“Sebagai perusahaan dengan hampir 80% kepemilikan sahamnya merupakan publik, Matahari melihat pentingnya penerapan tata kelola perusahaan yang baik untuk tetap memberikan informasi yang akurat dan meningkatkan kepercayaan stakeholder-nya terhadap Matahari,” ujar Miranti, Selasa (17/11).

Dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, lanjut dia, Matahari senantiasa melakukan keterbukaan informasi yang dilakukan melalui bursa maupun website perusahaan. Selain itu, perseroan melakukan interaksi dengan para pemegang sahamnya melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) yang dilakukan setiap tahunnya.

Secara berkala, Matahari juga melakukan update informasi mengenai performa kinerja perusahaan kepada para investor, antara lain melalui paparan publik, quarterly earnings call, road show, dan one-on-one meeting.

Menurut Miranti, tata kelola perusahaan sangatlah penting diterapkan untuk memberikan informasi yang transparan dan akuntabel bagi para pemangku kepentingan. Dengan adanya keterbukaan informasi yang mudah diakses, kepercayaan para investor terhadap perusahaan akan semakin meningkat.

Sadar terhadap pentingnya penerapan tata kelola perusahaan, Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) didukung oleh OJK melakukan penilaian menggunakan Asean Corporate Governance Scorecard terhadap 100 perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang besar.

Penilaian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: asessment, penilaian yang dilakukan secara internal oleh tim IICD yang terdiri atas penilai yang terlatih dan berpengalaman. Kedua, verification dilakukan melalui diskusi intensif para penilai dan tim reviewer.

Kemudian, peer review dilakukan oleh para ahli tata kelola lima negara yang ikut berpartisipasi dalam Asean Corporate Governance Scorecard, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Setelah melalui tiga tahap penilaian tersebut, kemudian ditetapkan 50 perusahaan yang telah menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik, dan Matahari berada dalam posisi 30 teratas.

Asean Corporate Governance Scorecard merupakan suatu inisiatif yang dikemukakan oleh Asean Capital Markets Forum (ACMF) dalam upaya meningkatkan standar tata kelola perusahaan di Asean, meningkatkan visibilitas perusahaan di Asean, dan mempromosikan Asean sebagai aset untuk berinvestasi seperti dikutip dari laman beritasatu.