Manado; Jadi Juara Umum STQ

Manado; Jadi Juara Umum STQ

Manado, Kabarindo- Kontingen asal Kota Manado, menjadi juara umum dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XXIII tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), 2015.

"Manado menjadi juara umum dan meraih tropi bergilir Gubernur Sulut," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara Syahban Mauludan, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, kontingen Kota Manado, meraih 10 piala dari berbagai cabang dan tingkatan yang dilombakan, yakni Tilawatil Quran golongan anak-anak putri dan putri, dewasa putra/putri dan Hifzhul Quran golongan anak-anak dan dewasa putri/putri.

"Nanti mereka akan mewakili Sulawesi Utara di tingkat nasional untuk mengharumkan nama daerah," katanya.

Ketua kontingen Manado, Ami Liputo mengatakan, pada cabang Tilawah, qori, Mirwan, meraih nilai tertinggi 95 point dan menyisihkan peserta dari 15 kabupaten dan kota sedangkan wanita qoriah disabet Manado, Asni Inaku dengan nilai 92,50.

Dia mengatakan, untuk cabang Hifzhul Quran satu zus golongan anak-anak putra diraih qori Mohammad Ariq Arqaan dengan nilai 86,50, kemudian putri diraih qoriah Nursyabila Syukri dengan nilai 91,50.

"Golongan lima zus Tilawah Hafiz diraih qori Al araf Syamsuddin dari Minahasa Selatan dengan nilai 73, 55, kedua Muhandis Fiqri Raupu dari Bolaang Mongondouw dengan nilai 73,13 dan Manado berada diposisi ketiga dengan nilai 56,00 atas nama Fauzan Ali, dan Hafidzah diraih qoriah Salima Rahmatullah dari Manado," katanya.

Liputo mengatakan, untuk golongan 20 dan 30 zus keduanya diraih kontingen Manado atas nama Abdul Fahmi Potabuga dan Nawir S. Iki.

Liputo mengatakan, sebagai Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Tilawatil Quran (LPPTQ) Manado, pihaknya mengutus 13 peserta dan semua mendapatkan hasil yang baik.

"Alhamdulillah tahun ini tropi bergilir pak Gubernur dapat dipertahankan kembali, ini semua berkat kepiawaian dan kerja keras para peserta mempertahankan tropi bergengsi yang selama lima tahun ini dipegang Kota Manado", katanya seperti dilansir dari laman antaranews.