Malaysia Services Exhibition; Promosikan Perusahaan Jasa

Malaysia Services Exhibition; Promosikan Perusahaan Jasa

Surabaya, Kabarindo- Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade) mengadakan Malaysia Services Exhibition (MSE) di Dyandra Convention Center, Surabaya, pada Rabu – Sabtu, 13 – 16 November.

Menurut Susila Devi, Wakil Kepala Eksekutif Matrade, pameran tersebut merupakan bagian dari upaya Matrade untuk memperkenalkan dan mempromosikan perusahaan – perusahaan jasa Malaysia secara global.

Event ini merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia sebagai pameran jasa multi – sektoral. Susila mengatakan, pihaknya memilih Surabaya karena merupakan ibu kota propinsi Jatim yang potensial. Surabaya juga menjadi penghubung ke Indonesia timur.

“Surabaya berperan strategis sebagai pusat pembangunan di Indonesia timur yang berkembang pesat sebagai pusat jasa perdagangan dan industri di ASEAN dan Asia Pasifik,” ujar Susila.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin Jatim, Dedy Suhajadi, mengatakan MSE menjadi contoh bagaimana pengusaha Malaysia agresif dan sangat dinamis dalam mencari peluang dan mengembangkan bisnis. Hal ini perlu ditiru pengusaha Indonesia.

Susila berharap, MSE dapat memberikan peluang untuk jasa eksportir Malaysia membentuk jaringan usaha patungan yang aman dan menjalin kemitraan dengan perusahaan – perusahaan lokal di Surabaya.

Susila mengatakan, Surabaya merupakan salah satu pasar di Indonesia yang harus dipertimbangkan serius oleh perusahaan – perusahaan Malaysia. Saat ini tercatat lebih dari 120 perusahaan Malaysia dari berbagai industri berada di Indonesia untuk  tujuan bisnis. Dari jumlah ini, sekitar 10 perusahaan berada di Surabaya.

Sebanyak 62 perusahaan dengan 150 perwakilan bisnis berpartisipasi dalam MSE yang bergerak di bidang konstuksi dan jasa terkait, teknologi informasi dan komunikasi, waralaba, kesehatan, logistik dan transportasi, pendidikan dan jasa bisnis.

Hingga kini Matrade telah mengadakan 17 kali pameran di berbagai negara yang menghasilkan transaksi ekspor jasa Malaysia lebih dari 67,5 miliar RM atau 22,5 miliar dolar AS.

Susila mengatakan, Indonesia adalah mitra dagang terbesar keenam Malaysia pada 2012, begitu pula Malaysia merupakan mitra dagang keenam di Indonesia.

Perdagangan antara Malaysia – Indonesia periode 2000 – 2012 menunjukkan peningkatan dengan pertumbuhan tahunan rata – rata 17,7%. Perdagangan kedua negara tumbuh hampir 3 kali lipat selama 12 tahun dari 4 miliar dolar AS pada 2000 menadi 19 miliar dolar pada 2012.

Impor dari Indonesia meningkat dari 2,3 miliar dolar AS pada 2000 menjadi 10,1 miliar dolar pada 2012. Ekspor Malaysia ke Indonesia juga meningkat dari 1,7 miliar dolar pada 2000 menjadi 8,9 miliar dolar pada 2012.