Malam Puncak AFI 2013; 03 November Mendatang

Malam Puncak AFI 2013; 03 November Mendatang

Jakarta, Kabarindo- Sudah dari setahun yang lalu.

Genderang perhelatan para insan perfilman nasional bertajuk Apresiasi Film Indonesia telah di gelar dan tahun ini memasuki tahun ke-2 karena UU Perfilman no. 33 tahun 2009 menyebutkan Kemendikbud dari sisi budaya untuk genre film berkarakter bangsa, pendidikan dan kebudayaan.

Sementara Kemenparekraf RI yang dipimpin oleh Dirjen dan Direktur Pengembangan Industri Perfilman tetap meneruskan tradisi Festival Film Indonesia-FFI selama ini yang InsyaAllah di helat 07 Desember mendatang di kota Semarang.

Saat redaksi mengulik info via sms dengan salah seorang tim ahli Apresiasi Film Indonesia, Ichwan Persada. Ia melansir info bahwa malam puncak AFI 03 November 2013 di Senayan Jakarta.

Dari laman situs resmi AFI 2013, disebutkan film tidak sekedar dapat diartikan sebagai susunan gambar bergerak baik dilengkapi oleh suara maupun tidak yang membentuk satu lakon tertentu.

Lebih dari itu, film adalah media komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat penontonnya. Bahkan tak sekedar pesan, film juga mampu mengubah satu tatanan nilai yang berlaku pada suatu masyarakat.

Betapa kuatnya dampak suatu film terhadap masyarakat menjadikan film bak pisau bermata dua, film bisa menjadi sangat berguna karena kedigdayaannya dalam proses menyampaikan pesan inspiratif, namun pada bagian lain, dia pun bisa menjelma menjadi pemotong urat nadi kebudayaan yang tanpa disadari akan menggeser masyarakat semakin menjauhi jati diri bangsanya.

Karenanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Apresiasi Film Indonesia (AFI) secara tegas mengambil posisi sebagai perhelatan yang memberikan apresiasi atas produksi film Indonesia yang karyanya mengandung unsur nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa. Namun tentu saja dengan tetap mengindahkan unsur-unsur teknis dan seni yang membuat sebuah film tetap menjadi karya yang indah dan menyenangkan untuk dinikmati.

Pada pelaksanaannya di tahun kedua ini, Kemendikbud berharap selain dapat menjadi pemicu terhadap meningkatnya angka produksi film-film Indonesia yang mengedepankan nilai-nilai inspiratif dalam karyanya, AFI juga menjadi ruang edukasi bagi masyarakat agar secara aktif turut mendukung karya film inspiratif dengan menontonnya melalui media bioskop atau media legal lainnya.

Untuk itu, pada perhelatan tahun 2013 ini, AFI mengambil satu sikap untuk melakukan sebuah gerakan demi terciptanya harapan tersebut, sederhananya disebut #GERAKANFILMINDONESIA.

Belum dapat informasi yang diperoleh redaksi sampai preskon yang akan di gelar beberapa saat nanti. Apakah itu jumlah film, siapa dewan jurinya dan banyak lagi hal lainnya.


Kita Nantikan Saja............!