Makan Kentang Itu Sehat; Tidak Bikin Gemuk

Makan Kentang Itu Sehat; Tidak Bikin Gemuk

Jakarta, Kabarindo- Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition, mengungkapkan orang-orang dapat mengonsumsi kentang sembari menurunkan berat badannya.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti dari University of California di Davis dan Illinois Institute of Technology, melakukan kolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang peran pengurangan kalori dan indeks glikemik dalam penurunan berat badan ketika memasukkan kentang dalam menu makanan diet.

"Beberapa orang telah mempertanyakan peran kentang untuk penurunan berat badan karena tergolong makanan dengan indeks glikemik tinggi," ujar peneliti utama studi, Dr. Britt Burton-Freeman, PhD. 

"Namun, hasil penelitian ini mengkonfirmasi apa yang para profesional kesehatan dan ahli gizi telah katakan selama bertahun-tahun lalu :  bukan tentang menghilangkan makanan tertentu, lebih tepatnya, adalah mengurangi kalori," kata Burton-Freeman seperti dilansir siaran publik AlphaGalileo.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti melibatkan sebanyak 90 orang laki-laki dan perempuan yang memiliki berat badan berlebih. Mereka ini dibagi dalam tiga kelompok, yakni kelompok yang mengurangi kalori dengan indeks glikemik tinggi, mengurangi kalori dengan indeks glikemik rendah dan kelompok kontrol tanpa pembatasan kalori.

Para peneliti lalu memberikan ketiga kelompok ini kentang, resep sehat dan instruksi untuk mengkonsumsi 5--7 porsi kentang per minggu.

Pada akhir masa studi selama 12 minggu, para peneliti menemukan, ketiga kelompok kehilangan berat badan dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penurunan berat badan antara kelompok, bahkan pada kelompok tanpa pembatasan asupan kalori.

"Tidak ada bukti kalau kentang, saat disiapkan secara sehat, berkontribusi menaikkan berat badan. Bahkan, kami melihat makanan ini bisa menjadi bagian dari program penurunan berat badan, " ujar Burton-Freeman.

Menurut peneliti, hasil studi ini merupakan kabar baik bagi para  pecinta kentang dan setiap konsumen yang  memilih makanan sehat. (Baca juga: Boeing gunakan kentang untuk uji WiFi pesawat)

Satu buah kentang berukuran sedang (5,3 ons) mengandung hanya 110 kalori per porsi. Jumlah ini menawarkan lebih banyak kalium (620g) dari pisang dan memberikan hampir setengah nilai harian vitamin C (45 persen) serta tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol seperti dilansir dari laman antaranews.