Lukisan Basoeki Abdullah; Dipamerkan Di Malaysia

Lukisan Basoeki Abdullah; Dipamerkan Di Malaysia

Jakarta, Kabarindo-  Lukisan berjudul "Tiga Dara" karya pelukis Basoeki Abdullah dipajang dalam pameran lukisan "Bersama Art Exhibition" di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis.

Lukisan "Tiga Dara" mendapat perhatian khusus dari sebagian pengunjung Malaysia karena satu dari tiga perempuan dalam lukisan itu adalah Azah Aziz, budayawan Malaysia yang juga ibu dari Gubernur Bank Negara Malaysia, Zeti Akhtar Aziz.

Zeti, yang hadir dalam pameran tersebut, bercerita saat dilukis ibundanya masih berusia sekitar 30 tahun.

Dalam lukisan yang dibuat Basoeki Abdullah sekitar tahun 1955 tersebut Azah Aziz mengenakan baju melayu berwarna merah dan kain songket.

Zeti dan ibunya sempat berkunjung ke Istana Bogor pada tahun 2010 untuk menyaksikan lukisan karya Basoeki Abdullah. Saat itu Azah berusia 83 tahun.

Selain karya Basoeki Abdullah, karya sembilan pelukis Indonesia yang lain seperti Indari AD Pirous, Affandi, Amri Yahya, Faizal, I Made Nastra, Jumaadi dan Kartika Affandi dipamerkan di ajang itu bersama karya 11 pelukis Malaysia.

Karya pelukis Malaysia seperti Ahmad Fuad Osman, Ahmad Zaki Anwa, dan Syed Ahmad Jamal juga ditampilkan dalam pameran yang berlangsung selama 12 Desember 2013 hingga 5 Januari 2014 itu.

Pelukis Kartika Affandi mengaku bangga melihat karya pelukis Indonesia dalam pameran itu dan berharap para seniman dan pelukis muda selanjutnya bisa mendapatkan fasilitas dan kemudahan untuk mengikuti pameran bertaraf internasional.

"Indonesia punya banyak pelukis-pelukis muda. Dan saya inginkan mereka menjadi lebih baik lagi. Peluangnya sangat besar dan asal ada kemauan, pasti mereka bisa lebih maju lagi sehingga mampu mengharumkan nama bangsa melalui karya-karyanya," kata Kartika seperti dilansir dari laman antaranews.