Lima Mahasiswa UGM; Raih Global Winner Dari World Bank

Lima Mahasiswa UGM; Raih Global Winner Dari World Bank

Surabaya, Kabarindo- Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, berhasil meraih penghargaan Global Winner dari World Bank baru-baru ini.
 
Mereka adalah peserta program XL Future Leader (XLFL) yang meraih penghargaan tersebut berkat aplikasi yang mereka ciptakan yaitu Quick Disaster yang memenangkan kompetisi Code for Ressilience.
 
Oscar Baskoro, Project Manager aplikasi Quick Disaster, mengatakan penghargaan tersebut menjadi pembuktian bahwa anak-anak Indonesia mampu bersaing di tingkat dunia di ranah digital. Menurut ia, program XLFL sangat membantu proyek tersebut, terutama mengenai bagaimana menmimpin dan mengorganisir tim.
 
Oscar menjelaskan, Quick Disaster berfungsi untuk mengantisipasi bencana alam dan dikembangkan pada perangkat wearable Google Glass. Quick Disaster telah masuk dalam tahap pengembangan versi 2.0.
 
Pengguna aplikasi tersebut akan mendapatkan tiga informasi penting terkait bencana. Pertama, sebelum bencana, menampilkan informasi riwayat bencana suatu daerah. Kedua, saat bencana, menampilkan informasi solusi ketika terjadi bencana. Terakhir adalah pasca bencana, yaitu proses rehabilitasi lewat fitur yang terintegrasi dengan foto daerah bencana melalui sosial media.
 
VP Corporate Communication XL, Turina Farouk, mengatakan Future Leader, diharapkan bisa mendorong kreativitas dan jiwa entrepreneurship para peserta, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Indonesia.
 
“Dari prestasi yang diraih oleh Oscar dan kawan-kawannya, bisa dilihat bahwa banyak sekali bibit muda berbakat dari Indonesia yang memiliki segudang kreativitas. Karena itu, kami akan terus mendukung kreativitas anak-anak muda Indonesia,” ujarnya pada Rabu (17/9/2014).
 
PT XL Axiata Tbk. melalui program Future Leader sudah memasuki tahun ke-3 dengan total 255 peserta dari perguruan-perguruan tinggi terkemuka di seluruh Indonesia. Future Leader menekankan pada pengembangan pendidikan soft skill mengenai kepemimpinan, berkomunikasi secara efektif, jiwa kewirausahaan dan inovasi.