Lima Jabatan Danlanud; Diserahterimakan Di Makoopsau I

Lima Jabatan Danlanud; Diserahterimakan Di Makoopsau I

Penkoopsau I, Jakarta, Kabarindo- Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E., bertindak selaku Irup pada upacara serah terima jabatan lima Komandan Lanud dijajaran Koopsau I tadi pagi bertempat di dalam ruangan GOR Antarikhse Koopsau I.

Acara yang berjalan secara sederhana dan khidmat tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Koopsau I, Danlanud Halim dan Atang Sendjaja, para Pejabat Makoopsau I, dan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Makoopsau I.

Serah terima jabatan komandan Lanud Soewondo,  Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sutan Sjahrir, Lanud Sri Mulyo Herlambang dan Komandan Lanud Maemun Saleh, diserahkan dari Kolonel Penerbang Arifien Sjahrir Kepada Kolonel Penerbang Daan Sulfi,, Kolonel Penerbang Yuniarsa Aditya P Kolonel Penerbang Iman Handoyo, Kolonel Penerbang Putu Suartika Kolonel Penerbang Eko Sujatmiko, Kolonel Penerbang Ronald L Siregar Kolonel Penerbang Easter Hariyanto, Dan Letnan Kolonel Navigator Darmawan Hendro Letnan Kolonel Penerbang A.P. Utama Tarigan.

Pangkoopsau I dalam sambutannya menjelaskan bahwa pergantian pejabat di lingkungan Koopsau I, merupakan bagian dari tuntutan dinamika organisasi, yang dalam jangka panjang merupakan suatu upaya untuk menyiapkan sosok pemimpin di setiap strata organisasi dalam jajaran TNI AU pada hakekatnya adalah regenerasi kepemimpinan serta optimalisasi pendayagunaan sumber daya manusia, agar menghasilkan kualitas pelaksanaan tugas dan kinerja satuan ke arah yang lebih baik. 

Sebagai Komando Utama Operasi TNI, tugas pokok Koopsau I yang utama adalah melaksanakan operasi udara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara.   Hal ini mengandung makna bahwa Koopsau I harus senantiasa berada dalam kondisi siap operasi, dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang diperkirakan terjadi.  

Hal tersebut, menjadikan eksistensi dari pangkalan udara menjadi suatu yang vital dan strategis, sebagai penindak dan pemukul terhadap persepsi ancaman yang paling potensial yang akan kita hadapi, baik sebagai pangkalan operasi maupun dukungan operasi udara. Sebagai konsekuensinya, kesiapan operasional satuan, kesiapan alutsista dan personel, merupakan hal yang mutlak harus kita lakukan untuk keberhasilan setiap misi yang di emban Koopsau I.  

Diakhir amanatnya, Pangkoopsau I berpesan agar  Komandan Lanud yang baru, memiliki integritas, yaitu keberpihakan kepada yang benar serta memiliki kepedulian yang tinggi tehadap satuan. “Saya harapkan para pejabat komandan lanud di jajaran Koopsau I, memiliki dedikasi, loyalitas, disiplin dan rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap tugas-tugas yang diemban, sehingga Koopsau I ini mampu menjadi Kotamaops TNI yang profesional”, pungkas Marsma TNI Imran Baidirus S.E.