Liburan Lebaran 2014; Ancol Disesaki 78 Ribu Pengunjung

Liburan Lebaran 2014; Ancol Disesaki 78 Ribu Pengunjung

Jakarta, Kabarindo- Taman Impian Jaya Ancol dipadati pengunjung yang mencapai 78.000 orang pada hari kedua Idul Fitri 1435 Hijriah, Selasa (29/7), sementara wahana Dunia Fantasi didatangi 7.000 pengunjung.

Manajer Komunikasi Perusahaan, Metty Yan Harahap perkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah pada Selasa sore harinya.

"Diperkirakan akan terus bertambah karena data tadi yang kami kumpulkan hingga jam 12 siang," kata Metty.

Menurut Metty, kepadatan pengunjung diperkirakan mencapai puncaknya pada hari kedua Idul Fitri (Selasa) maupun pada Rabu (30/7) dan Kamis (31/7). Meskipun begitu, pihak Ancol telah mempersiapkan kepadatan pengunjung selama satu pekan libur lebaran.

"Karena jelang akhir libur sekolah, kemungkinan hingga akhir pekan libur lebaran pun akan tetap ramai. Kami prediksi akan terasa sekali bertambah pengunjungnya," ujar Metty.

Dalam menyambut liburan pada pekan lebaran 2014, Ancol membuka loket tambahan di setiap pintu gerbang untuk mengantisipasi panjangnya antrean kendaraan.

Pada loket di barat Ancol ditambah 18 loket (biasanya 9 loket), loket Marina ditambah dua dari dua loket, loket di halte busway juga ditambah dua dari jumlah dua loket pada hari biasa.

Sedangkan loket di timur Ancol ditambah 10 (dari 8 loket biasanya), di selatan Ancol ditambah empat (dari empat loket), dan di lokasi loket di Carnaval ditambah dua dari tiga loket yang biasanya sehingga total jumlah loket menjadi 63 atau lebih banyak 39 dari biasanya hanya berjumlah 26 loket.

Sementara itu, untuk kantong parkir disiapkan untuk menampung 12.000 kendaraan roda empat dan 12.000 kendaraan roda dua. Selain di dalam area, jalur protokol akses masuk, seluruh pintu masuk, dan area parkir Ancol, pengamanan dan pengaturan lalulintas juga akan dilakukan pada ring luar. Untuk memudahkan pergerakan pengunjung di dalam kawasan, disiapkan sebanyak 10 buah bus wara wiri sebagai inner transportation menuju titik-titik di kawasan-kawasan di dalam area Ancol.

Ancol juga meningkatkan keamanan serta kebersihan untuk mengantisipasi penambahan pengunjung. Ancol mengoptimalkan personel keamanan yang terdiri dari petugas keamanan internal, Satpol PP dan Polri.

Pos-pos keamanan tambahan juga disiapkan di sekitar pusat konsentrasi pengunjung antara lain di pintu gerbang (Barat, Timur, Pantai Karnaval), area pantai (Pantai Beach Pool, Pantai Indah, Pantai Festival, Pantai Indah) serta di seluruh unit-unit rekreasi (Dunia Fantasi, Atlantis, Ocean Dream Samudra, Ecopark).

Untuk kebersihan, Ancol mengoptimalkan dan mengefektifkan jumlah petugas kebersihan, menyediakan toilet tambahan berupa toilet portabel, serta mushalla tambahan di sekitar pusat konsentrasi pengunjung.

Ancol juga telah mempersiapkan operasional kelancaran lalu lintas kendaraan yang masuk ke kawasan Ancol. Semua pintu gerbang (Barat, Marina, Busway, Timur, Selatan, dan Carnaval) dibuka untuk menjaga kelancaran keluar-masuk kendaraan seperti dilansir dari laman beritasatu.