Layanan XL 4G; Kini Hadir Di Pulau Dewata

Layanan XL 4G; Kini Hadir Di Pulau Dewata

Surabaya, Kabariindo- PT XL Axiata Tbk. meningkatkan kualitas layanan dan memperluas cakupan layanan 4G untuk area Bali.
 
Vice President XL East Region, Desy Sari Desy, mengatakan wirausaha harus terus di dorong khususnya di kalangan usia muda. Perkembangan ekonomi dunia membutuhkan orang-orang yang tidak hanya berlaku sebagai pekerja tetapi juga memberi pekerjaan. Hal ini merupakan pertimbangan dalam menjadikan Bali sebagai Area 4G XL.
 
“Bali sebagai daerah pariwisata membuat kami ingin mendukung dan memberikan motivasi kepada mahasiswa, meningkatkan layanan telekomunikasi selular di dalam areal Universitas Udayana. Bekerja sama dalam pendidikan melalui jaringan 4G LTE XL,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Sabtu (17/12/2016).
 
Selain terus memperluas wilayah layanan, XL juga menerapkan bermacam teknologi terkini agar kecepatan dan kestabilan sinyal bisa ditingkatkan. Semakin baik kualitas layanan, semakin banyak manfaat yang bisa didapatkan pelanggan. Dengan 4G LTE, XL menghadirkan layanan mobile broadband dengan perangkat khusus sebagai router yang dapat digunakan dimanapun dengan mudah.
 
Ada beberapa tipe router dengan spesifikasi dan manfaat khusus. Secara umum, router tersebut hanya bisa mengakses jaringan 4G LTE dan memancarkannya ke ponsel atau laptop pelanggan secara wifi. Perangkat tersebut akan bisa share koneksi ke 10 - 32 ponsel secara bersamaan, sehingga pelanggan yang belum menggunakan ponsel 4G, akan bisa mendapatkan manfaat dari layanan 4G LTE dari XL.
 
Dari total 1640 BTS di Bali, untuk tahap awal sudah tersedia lebih dari 527 BTS 4G yang tersebar di Bali. Layanan 4G LTE di Bali akan menjangkau area-area yang menjadi pusat kegiatan bisnis dan ekonomi, pariwisata, pemerintahan dan perguruan tinggi.
 
Total pelanggan XL di Bali saat ini lebih dari 2.700.000 pelanggan, yang merupakan pelanggan potensial untuk berpindah ke layanan internet cepat 4G. Sebanyak 65% dari pelanggan tersebut telah menggunakan kartu SIM 4G dan 47% pelanggan telah menggunakan smartphone 4G.
 
Saat ini layanan XL 4G LTE telah melayani sekitar 86 kota/area di seluruh Indonesia. Layanan 4G LTE saat ini didukung sekitar 6.600 BTS 4G yang tersebar di berbagai kota/area tersebut. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan proses pembangunan yang terus berlangsung.
 
Sambil terus memperluas jangkauan serta memastikan kualitas layanan 4G, XL kini juga mulai mempersiapkan layanan 4.5G. Secara umum, layanan ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik. Teknologi 4.5G sendiri secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan.
 
Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya. Target kami pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan. Rencana ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelar event Asian Games 2018 di Jakarta.