Layanan Taksi Express Gratis; Bagi Anak-Anak Penderita Kanker

Layanan Taksi Express Gratis; Bagi Anak-Anak Penderita Kanker

Jakarta, Kabarindo- PT Express Transindo Utama, Tbk (Express Group), pengelola layanan transportasi darat terkemuka di Indonesia ternyata juga memiliki pelanggan istimewa, yaitu anak-anak penderita kanker dan keluarganya.

Memang, sejak tahun 2009 Express Group menyediakan layanan transportasi gratis bagi anak-anak penderita kanker dan keluarganya, dari dan ke rumah sakit di area Jadetabek dan Bali. Program ini adalah upaya kerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan Yayasan Kasih Anak Kanker Bali (YKAK Bali).

Di Jakarta, taksi-taksi Express Group memberikan layanan transportasi antar jemput bagi anak-anak penderita kanker dan keluarganya dari rumah singgah YKAKI ke beberapa rumah sakit Jakarta. Selain di rumah singgah YKAKI, Express Group juga menyediakan layanan transportasi pergi-pulang ke rumah sakit di pool-pool Express yang ada di Jakarta, Bintaro, Tangerang, dan Bekasi. Relasi layanan bantuan transportasi meliputi sejumlah rumah sakit seperti RSUPN Cipto Mangunkusumo, RS St Carolus, RS Anak Harapan Kita, RS Dharmais, RSUP Fatmawati, dan RSPAD Gatot Subroto.

“Ini memang sebuah inisiatif untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga untuk melaksanakan komitmen perusahaan sebagai misi kepedulian terhadap sosial,” kata Daniel Podiman, Presiden Direktur Express Group.

YKAKI adalah sebuah yayasan yang dibentuk dengan dasar kasih, dengan empati pada anak penderita kanker serta orang tua mereka. YKAKI memiliki beberapa program seperti Rumah Singgah di dekat Rumah Sakit untuk menginap anak-anak penderita kanker dan keluarganya, sehingga memudahkan pengobatan bagi mereka yang rumahnya jauh dari akses rumah sakit. Selain itu juga ada beberapa program lain seperti pendidikan dan pembinaan, program pengobatan dan juga layanan transportasi yang bekerja sama dengan Express Group ini.

Layanan antar jemput ini telah banyak dimanfaatkan oleh anak-anak penderita kanker yang akan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan ataupun pemeriksaan dan juga para keluarga yang mengantar dan menemani mereka. Sampai saat ini, tercatat Express Group telah memberikan layanan bantuan transportasi bagi 280 anak-anak penderita kanker dan keluarganya. “Baik perusahaan maupun mitra pengemudi terdorong untuk selalu menyediakan unit armada taksi, yang akan digunakan untuk layanan kemanusiaan ini,” tambah Daniel Podiman.

Bantuan ini dirasa sangat membantu perawatan anak-anak penderita kanker. Ira Soelistyo, Founder & Chairwoman YKAKI mengatakan bahwa banyak pasien anak-anak yang tidak melanjutkan pengobatan atau perawatan disebabkan tidak memiliki biaya untuk datang/pulang dari rumah-rumah sakit. Sehingga program transportasi bersama Express Group ini dapat memberikan kepastian bahwa pasien akan terus berobat atau dirawat sesuai jadwal yang telah ditetapkan dokter. “Kami senang sekali jika ada pihak-pihak yang memiliki kepedulian yang sama dengan kami,” lanjut Ira.

Pada tahun 2012 lalu, Express Group juga telah memperluas layanan ini dengan menjangkau area Bali. Kali ini Express Group bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Bali (YKAKBali), sebuah yayasan afiliasi dari YKAKI yang memiliki visi dan misi yang sama. Di Bali Express Group juga menyediakan layanan antar-jemput dari rumah singgah YKAKBali ke rumah sakit di Bali, seperti RS Sanglah.

Selain kerjasama layanan transportasi gratis bagi anak penderita kanker dan keluarganya, Express Group juga ikut ambil bagian dalam memberikan dukungan dana kepada YKAKI untuk dapat mengikuti konferensi ICCCPO (International Confederation of Childhood Cancer Parent Organisations) di Hongkong. Acara yang berlangsung pada 23-25 September 2013 ini merupakan pertemuan internasional orang tua penderita kanker dari berbagai negara. Dalam acara ini para orang tua anak penderita kanker baik dari negara maju maupun berkembang dapat bertukar informasi dan pengalaman tentang perawatan anak penderita kanker. YKAKI menghadiri kegiatan ini demi perkembangan program YKAKI dalam melayani anak-anak penderita kanker dan keluarganya.

Sebagai salah satu perusahaan yang tergabung dalam Indonesia Global Compact Network, jaringan organisasi dalam United Nations Global Compact, Express Group senantiasa menunjukan komitmen terhadap berbagai program kemanusiaan dan pembangunan berkelanjutan. Prinsip-prinsip keberlanjutan yang diterapkan perusahaan meliputi aspek ekonomi, lingkungan dan sosial.

“Kami berharap agar dapat terus berkontribusi di berbagai kegiatan sosial dalam bentuk apapun. Hal ini merupakan sebuah perbuatan mulia dan sudah menjadi tanggung jawab perusahaan kami untuk peduli. Karenanya kami akan terus mendukung kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” lanjut Daniel Podiman.