La Famille Arties; Hibur Pecinta Musik Klasik di Surabaya

La Famille Arties; Hibur Pecinta Musik Klasik di Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Kelompok La Famille Arties asal Prancis menghibur pecinta musik klasik di Surabaya pada Selasa (12/11) malam ini.
 
Menurut Pramenda Krishna, bagian Budaya & Komunikasi Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya, Arties dihadirkan oleh IFI Surabaya karena memiliki cukup banyak penggemar di kota ini.
 
“Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya,” ujarnya.
 
Arties melakukan serangkaian tur di Indonesia. Mereka telah tampil di Bandung pada 4 November lalu disusul di Jakarta pada 7 November, Medan (8/11) dan Jogjakarta (9/11). Selanjutnya mereka akan tampil di Sanur pada 13 November.
 
Di Surabaya, Arties membawakan tiga komposisi yaitu trio piano dalam re minor opus 120 karya G. Fauré, kuartet piano dalam mi bemol mayor (K.493) karya W.A. Mozart dan kuartet piano dalam mi bemol mayor opus 47 karya R. Schumann.
 
Arties beranggota Sullimann Altmayer sebagai pemain biola, Gauthier Herrmann (cello), Romain Descharmes (piano) dan Julien Dabonneville (alto). Mereka dipersatukan oleh passion yang sama untuk jenis musik kamar (chamber music).
 
Arties adalah sekelompok musisi yang berasal dari orkestra - orkestra Eropa ternama (Orchestre National de France, Philharmonic Orchestra - Radio France, Mahler Chamber Orchestra dan Amsterdam Symphonietta).
 
Mereka adalah lulusan dari konservatori musik superior ternama di Eropa (Paris, Bruxelles, Berlin, Jenewa) dan memenangkan sejumlah penghargaan inetrnasional (Dublin, Hamamatsu, Nielsen, ARD Munich, Firenze, Long Thibaud, Heerlen, Illzaac).
 
Arties memenangkan berbagai kompetisi internasional dan menjadi musisi tamu berbagai festival bergengsi. Mereka juga menyelenggarakan festival Arties yang diadakan setiap tahun di India.
 
Sebagai musisi individual, mereka telah berkeliling dunia dan tampil di sejumlah gedung konser bergengsi (Carnegie Hall - New York, Wigmore Hall - London, Tsuda Hall - Tokyo, Forbidden city Hall - Beijing, Théâtre des Champs-Elysées danThéâtre du Châtelet - Paris, NCPA - Bombay, Diwan Philharmonic - Kuala Lumpur).
 
Arties ingin keluar dari jaringan tradisional musik klasik yang terkadang elitis. Ambisi mereka adalah bertemu publik, mengesampingkan aturan dan protokol dari konser musik klasik, menawarkan keunggulan musik dalam kehangatan, keramahan dan spontanitas.

Kepiawaian mereka dalam bermain musik klasik ditampilkan dalam pertunjukan malam ini. Mereka ingin memuaskan publik Surabaya dengan memberikan yang terbaik.