LPPOM MUI; Gelar Indonesia Internasional Halal Expo

LPPOM MUI; Gelar Indonesia Internasional Halal Expo

Jakarta, Kabarindo- Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia akan menggelar Indonesia Internasional Halal Expo dengan tema "Halal is My Life" di JI Expo, Jakarta.

"Setelah sukses dengan INDHEX 2012, pada 2013 akan digelar INDHEX yang ketiga kalinya yang dilaksanakan pada 30 Oktober hingga 2 November 2013," ujar Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim di Jakarta, Rabu kemarin seperti dilansir dari laman antaranews.

Lukman mengatakan, sebagai satu-satunya lembaga sertifikasi halal di Indonesia dan menjadi rujukan internasional, LPPOM MUI merasa perlu mengedukasi dan mensosialisasikan halal kepada masyarakat Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya.

Pada hari pertama, lanjut Lukman, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencananya akan membuka INDHEX 2013, Fishery and Seafood Expo, serta peluncuran Wisata Syariah, yang merupakan kerja sama antara LPPOM MUI, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu, tambah Lukman, LPPOM MUI berkerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Kemenparekraf akan menggelar Global Halal Forum, yaitu pertemuan antara atase perdagangan, pemerintah, lembaga sertifikasi dunia dan CEO produk halal.

"Di dalam forum tersebut akan mengungkap mengungkap secara komprehensif terkait regulasi untuk mendorong wisata syariah baik oleh pemerintah Indonesia maupun negara yang berpengalaman dalam mengembangkan wisata syariah," ujar Lukman.

Menurut Lukman, dalam acara tersebut juga terdapat beberapa acara, seperti International Training for Auditor Certifying Body dan International Training on Halal Assurance System, lomba masak serba ikan antar provinsi, logo halal terbesar, pameran produk kosmetika halal, festival halal kelinci dan peluncuran Asosiasi Chef Halal.

Pada hari terakhir, Lukman mengemukakan, Kompetisi Mewarnai dan Menggambar Senyum Halal dan terakhir adalah Halal Award.

"Untuk ketiga kalinya Halal Award diadakan untuk memberi penghargaan kepada para penggiat halal dengan berbagai kategori yang akan diumumkan pada penutupan INDHEX 2013," ujar Lukman.

Lukman berharap, seluruh masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam INDHEX 2013 untuk menambah pengetahuan terhadap produk halal dan kajiannya di Indonesia.