LOreal-UNESCO; Rilis Buku Setinggi Langit

LOreal-UNESCO; Rilis Buku Setinggi Langit

Depok, Kabarindo– Sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Satu Dasawarsa  “L’Oréal-UNESCO For Women in Science” dan “The World Science Day for Peace and Development”, pada hari ini, bertempat di Universitas Indonesia, diluncurkan buku berjudul “SETINGGI LANGIT” karya penulis muda inspirasional Angkie Yudistia.

Ia  menampilkan kisah inspiratif dari para peneliti perempuan muda yang tergabung dalam fellowship  L’Oréal-UNESCO For Women In Science (FWIS). Acara peluncuran buku dihadiri oleh perempuan peneliti muda pemenang FWIS dari seluruh Indonesia.

“Dengan penuh rasa syukur dan bangga, pada hari ini kami meluncurkan buku ‘Setinggi Langit’ yang adalah hasil karya dari para pemenang fellowship L’Oréal-UNESCO For Women In Science nasional dan internasional. Tiga puluh perempuan peneliti muda ini adalah perempuan-perempuan yang luar biasa dengan kisah dan pengalaman yang sungguh inspirasional. Kami ingin berbagi kisah-kisah penuh inspirasi ini kepada seluruh masyarakat Indonesia. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah yang merupakan cuplikan kehidupan para srikandi peneliti muda ini. Semoga kisah mereka dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk juga mendalami sains sebagai bidang karir dan untuk menggapai cita-cita setinggi langit,” jelas Melanie Masriel, Head of Communications, PT. L’Oréal  Indonesia.

“Sempurnanya, saya mengambil momen-momen terbaik saat para perempuan peneliti luar biasa ini menceritakan kembali, dengan tutur sederhana, menerawang mengingat masa suka dan duka sebagai seorang peneliti, dan merinding saat harapan dituang ke dalam sebentuk ‘Surat dari Peneliti untuk Indonesia’. Saya sungguh terinspirasi dengan kisah perjuangan hidup mereka” ujar Angkie Yudhistia, penulis buku “Setinggi Langit”.

“Saya merasa sangat bahagia dan terhormat dapat berbagi kisah dalam buku ‘Setinggi Langit’. Semoga kisah dan pengalaman saya dan rekan-rekan fellow  L’Oréal-UNESCO For Women In Science dapat memberikan inspirasi bagi para perempuan muda, generasi penerus bangsa untuk menekuni sains sebagai bidang karir. Bangsa kita masih memerlukan banyak peneliti perempuan,” ujar Ines Atmosukarto, Ph.D, FWIS Internasional Fellow 2004.

Buku “Setinggi Langit” bercerita tentang kisah inspiratif para perempuan peneliti L’Oréal-UNESCO For Women In Science di Indonesia. Menjalani kehidupan sebagai perempuan peneliti memiliki tantangan tersendiri, dan jawaban atas tantangan tersebut pun beragam. Buku ini menguak formulasi antara hasrat dan pengorbanan yang kerap menjadi bagian dalam kehidupan para perempuan peneliti tersebut.

Beberapa tokoh dalam dunia sastra Indonesia memberikan tangagpan atas diterbikannya buku “Setinggi Langit“ sebagai berikut:

“Indonesia membutuhkan perempuan-perempuan yang pintar dan berkontribusi pada masyarakat. Para perempuan peneliti Indonesia adalah salah satu jawabannya. Bagaimana mereka mendedikasikan dirinya melalui pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Buku ini diharapkan dapat memotivasi para perempuan lain. Selain para peneliti ini, saya juga mengacungkan jempol pada Angkie Yudistia, yang terus berkarya dan menginspirasi, melalui buku yang bekerja sama dengan L’Oréal ini”, Fira Basuki, penulis dan Pemimpin Redaksi Majalah Cosmopolitan-Indonesia

“Menjadi seorang perempuan berarti mengetahui betul siapa diri kita sebenarnya. Para perempuan peneliti ini berhasil berprestasi melampaui apa yang diharapkan dari kaum perempuan, karena mereka tau betul potensi diri mereka sebenarnya. Mereka tidak membiarkan orang lain mendefinisikan diri mereka melalui persepsi orang lain. Perempuan-perempuan peneliti ini telah mengingatkan saya untuk selalu membangun pemahaman mengenai diri sendiri, bahwa kita akan ‘menjadi’ sesuati yang kita bangun dalam persepsi kita sendiri.” Dian Sastrowardoyo, Pekerja Seni.

“Kami berharap agar selain menginspirasi generasi muda Indonesia untuk memilih sains dan penelitian sebagai karir masa depan mereka, melalui buku inspirasional ini kami juga dapat membantu mereka yang membutuhkan. Keuntungan dari penjualan buku ‘Setinggi Langit’ akan disumbangkan kepada ThisAble Enterprise, sebuah perusahaan yang berfokus pada misi sosial khususnya membantu orang yang memiliki keterbasan fisik alias difabel – different ability people.  ,” tutup Melanie Masriel.

Sejak awal berdirinya, sains telah menjadi dasar inovasi untuk L’Oréal di seluruh dunia. Dimulai pada tahun 1998, L'Oréal-UNESCO memberikan penghargaan kepada perempuan peneliti terpilih melalui program L'Oréal-UNESCO For Women In Science (FWIS) dengan memberikan penghargaan kepada peneliti perempuan di seluruh dunia. Pada tingkat nasional, L'Oréal Indonesia bekerjasama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk program L'Oréal-UNESCO FWIS sejak tahun 2004.