LKPP Rilis Portal Layanan Pengadaan; Siap Beri Manfaat Untuk Masyarakat

LKPP Rilis Portal Layanan Pengadaan; Siap Beri Manfaat Untuk Masyarakat

Gatot Subroto, Jakarta, Kabarindo- Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia, selaku lembaga pemerintahan yang menaungi regulasi pengadaan barang/jasa pemerintah sangat adaptif dengan layanan secara daring (online).

Dibentuknya LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) di instansi pusat maupun daerah di seluruh Indonesia membuktikan bahwa LKPP mampu mengejawantahkan konsep e-gov dengan baik dan terarah.

Disamping itu, publik atau masyarakat juga dapat terlibat dalam pengawasan, karena sistem LPSE ini terbuka untuk umum dan dapat di akses, dimana dan kapan saja selama 24 jam.

Semangat dan inovasi layanan berbasis daring ini terus dikembangkan LKPP, agar masyarakat dan stakeholder pengadaan dapat terlayani dengan baik. Oleh karena itu, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah yang menjadi bagian dari LKPP saat ini sedang mengembangkan berbagai aplikasi kedeputian.

Adapun aplikasi tersebut diantaranya: Aplikasi E-Pengaduan (pengaduan.lkpp.go.id), Aplikasi E-Advokasi (konsultasi.lkpp.go.id), Aplikasi Whistleblowing Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (wbs.lkpp.go.id), Aplikasi LOKAL (Layanan Otomasi Keterangan Ahli LKPP) (lokal.lkpp.go.id) dan Aplikasi E-Pendampingan (pendampingan.lkpp.go.id).

Dari berbagai aplikasi tersebut, dirasa perlu untuk di integrasikan ke dalam satu Portal Deputi (hukum-sanggah.lkpp.go.id) untuk memudahkan navigasi pengguna dalam menggunakan layanan kedeputian.

Ada sejumlah manfaat yang dapat dipetik dari integrasi layanan tersebut. Seperti contohnya dengan layanan aplikasi e-advokasi dan aplikasi LOKAL, dimana stakeholder tidak perlu datang dan bertemu secara langsung, sehingga hal ini dapat menghemat biaya perjalanan dinas. Inilah tujuan dibentuknya LPSE, supaya, selain dapat menghemat anggaran uang negara, juga menghemat kepentingan para stakeholder itu sendiri, ucap Agus Prabowo, Kepala LKPP R.I pada sambutan peluncuran Portal Deputi Hukum dan Sanggah di Ruang Rapat, Kantor LKPP, Jakarta, 11/09/2015.
Konsep E-Goverment akan lebih baik jika layanan yang diberikan oleh pemerintah dilakukan secara daring,  sehingga pengguna layanan publik dapat menikmati layanan secara optimal, lebih efektif, efisien dan transparan, jelas Onno W.Purbo, sebagai salah satu narasumber yang hadir pada acara tersebut.

Pada akhirnya, pengguna dan masyarakat luas dapat merasakan manfaat yang besar dari penggunaan portal Deputi Hukum dan Sanggah.