LKBN Antara; Perluas Jangkauan Ke Taiwan

LKBN Antara; Perluas Jangkauan Ke Taiwan

Jakarta, Kabarindo- Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara memperluas jaringan di Taiwan melalui program penguatan kemitraan dengan radio dan kantor berita setempat dalam penyebarluasan informasi.

Direktur Utama LKBN Antara M Saiful Hadi dan Chairman Radio Taiwan International (RTI) Jung-Kung Chang di Taipei, Jumat, menandatangani naskah kontrak kerja sama di bidang pertukaran berita antarkedua belah pihak.

Hal yang sama juga dilakukan Antara dengan Presiden The Central News Agency (CNA) Hsiang-Lin Fan di kantor berita resmi Taiwan yang bermarkas di Songjiang Road, Taipei, itu.

"Antara sebagai kantor berita nasional memiliki fungsi dan tugas mendiseminasikan berita-berita mengenai Indonesia ke luar negeri sehingga kami menganggap penguatan kerja sama ini sangat penting," kata Saiful.

Ia melihat RTI dan CNA yang memiliki jaringan luas di negara-negara kepulauan di Pasifik itu sangat penting bagi Antara dalam membantu menyebarluaskan berita-berita tentang perkembangan terkini di Provinsi Papua.

"CNA memiliki jaringan kerja sama dengan enam negara di Pasifik yang bisa kami manfaatkan dalam penyebarluasan informasi tentang Indonesia, utamanya situasi terkini di Papua," ujarnya.

Sementara itu, Presiden CNA Hsiang-Lin Fan ingin segera merealisasikan kerja sama dengan Antara dalam penyediaan konten berita foto dan televisi terkait perkembangan di Indonesia.

"Kami terus mengikuti perkembangan politik di Indonesia," ujarnya di sela-sela mempertontonkan beberapa cuplikan tentang kampanye dan pelantikan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla yang disiarkan secara luas oleh sejumlah stasiun televisi di Taiwan melalui saluran milik CNA itu.

Baginya Antara mitra strategis dalam menyediakan konten berita, baik tulis, foto, maupun tayangan televisi. "Kalau perlu kami akan mengirimkan fotografer kami untuk bertukar pengalaman dengan fotografer Antara di Jakarta," kata Fan menambahkan.

Penandatanganan kerja sama Antara dengan RTI dan CNA itu disaksikan jajaran pejabat kedua lembaga tersebut dan Sekretaris Utama Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) di Indonesia William HL Fan.

Acara tersebut juga disaksikan oleh pimpinan redaksi media terkemuka di Indonesia, yakni Rikard Bagun (Kompas), Usman Kansong (Media Indonesia), Nasihin Masha (Republika), Primus Dorimulu (Investor Daily), dan Arif Budisusilo (Bisnis Indonesia) seperti dilansir dari laman antaranews.