Kurikulum Cha-Ching; Siap Masuk Ke-467 SD Di Sidoarjo

Kurikulum Cha-Ching; Siap Masuk Ke-467 SD Di Sidoarjo

Surabaya, Kabarindo- Prudence Foundation, bagian dari Prudential Asia, telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang menyepakati dimasukannya kurikulum pembelajaran Cha-Ching yang didesain khusus tentang manajemen keuangan dan berdasarkan animasi populer.

Marc Fancy, Direktur Eksekutif Prudence Foundation, mengatakan pada Selasa (14/3/2017), pihaknya percaya tak ada cara lain yang lebih baik untuk mendorong pengaturan keuangan yang bijak pada anak-anak selain dengan memberikan pengajaran dan pelatihan langsung kepada mereka di sekolah.

MoU tersebut memungkinkan kurikulum khusus Cha-Ching untuk diterapkan mulai Maret- Desember 2017 di 467 sekolah di seluruh Sidoarjo yang menjangkau lebih dari 28.000 siswa kelas tiga dan sekitar 1.000 guru.

Cha-Ching  merupakan program pendidikan keuangan yang bertujuan membantu menanamkan keterampilan dasar pengelolaan uang pada anak-anak berusia 7-12 tahun. Cha-Ching merupakan serangkaian video musik berdurasi tiga menit yang menampilkan enam karakter untuk membantu anak-anak belajar tentang konsep-konsep pengelolaan uang dasar yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend) dan menyumbangkan (Donate).

Keenam karakter tersebut merupakan anggota Band Cha-Ching. Masing-masing karakter memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengatur keuangan. Video musik Cha-Ching menampilkan lagu-lagu menarik yang dilengkapi lirik dan teks sehingga anak-anak dapat bernyanyi sekaligus memudahkan dalam memahami dan mengingat. Episode-episode Cha-Ching telah mengudara di saluran TV Cartoon Network di Hong Kong, Indonesia, Taiwan, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Di Indonesia, Cha-Ching telah lama aktif dalam meningkatkan kesadaran finansial untuk anak-anak. Salah satunya dengan peluncuran Prudential Vault, wahana pembelajaran di pusat hiburan Kidzania, Jakarta, pada 2013. Cha-Ching juga bekerja sama dengan lebih dari 20 SD di sekitar Jabodetabek sejak 2015 melalui program Cha-Ching Goes to School.

“Aspirasi kami adalah kurikulum Cha-Ching dapat memungkinkan anak-anak untuk belajar mengenai nilai-nilai pengelolaan keuangan dengan cara yang menyenangkan dan menarik di kelas, serta dapat membangun landasan yang baik dalam perilaku pengelolaan uang yang bertanggung jawab pada setiap tahap kehidupan mereka,” ujar Marc Fancy.