Krakatau Steel; Siap Punya Pabrik Baru

Krakatau Steel; Siap Punya Pabrik Baru

Jakarta, Kabarindo- Fazwar Bujang, Direktur Utama Krakatau Steel.

Ia mengatakan, nilai investasi pabrik yang memproduksi hot metal tersebut mencapai US$ 528,9 juta. "Nilai itu diluar pengadaan tanah," kata Fazwar di Jakarta, Selasa (15/5) seperti dilansir dari laman Kontan.

Ia menargetkan, pabrik tersebut selesai pada kuartal ke IV tahun 2014. Sekedar tahu saja, pembangunan saat ini masih dalam tahap pengembangan desain.

Untuk mendanai proyek itu, KS telah memperoleh fasilitas pinjaman senilai US$ 250 juta dari tiga bank BUMN yaitu Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI.

Selain itu, KS juga mendapatkan stand by loan dari Bank Mandiri dengan besaran ekuivalen US$ 200 juta yang berjangka waktu pelunasan 8 tahun.

Dana ini hanya bisa ditarik apabila Sinosure facility tidak diperoleh dalam 1 tahun sejak tanggal penandatanganan pinjaman komersial ini.

Dalam mempersiapkan pinjaman sindikasi komersial tersebut, Krakatau Steel bekerja sama dengan the Hongkong & Shanghasi Bank Corporation (HSBC) sebagai coordinating bank.

Selain itu, HSBC juga bertindak sebagai pemberi pinjaman dalam Sinosure facility bersama dengan PT ICBC Indonesia dan Chinese Development Bank Corporation.
Artinya secara total, Krakatau Steel memperoleh kucuran kredit ekuivalen dengan total US$ 450 juta.