Kota Bandung; Siap Jadi Tuan Rumah Puncak KAA Ke-60

Kota Bandung; Siap Jadi Tuan Rumah Puncak KAA Ke-60

Jakarta, Kabarindo- Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Ia mengatakan bahwa Bandung siap menjadi tuan rumah acara puncak Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 pada 24 April 2015.

"Insyaallah, Bandung siap. Karena ini perhelatan lima tahun sekali, di zaman saya (menjadi walikota) akan saya buktikan Bandung keren," kata Ridwan Kamil usai menjadi salah satu pembicara dalam diskusi di Pusat Kebudayaan AS (Amerika) di Jakarta, Rabu malam.

Walikota yang akrab dipanggil Kang Emil itu menuturkan persiapan di segi infrastruktur, acara dan keamanan di Bandung tengah dikerahkan maksimal mengingat waktu pelaksanaan KAA tinggal dua setengah bulan lagi.

Dalam acara puncak KAA pada 24 April nanti, 109 kepala negara yang diundang akan melakukan napak tilas KAA 1955 dengan berjalan kaki dari Hotel Savoy Homan ke Gedung Merdeka lalu ke alun-alun Kota Bandung.

"Untuk mengatur itu tidak mudah, ya. Apalagi pemimpin Korut juga mau datang katanya. Jadi, perhatian dunia akan ke Bandung semua," kata Kang Emil.

Terkait rencana kunjungan Pemimpin Korut Kim Jong Un pada puncak acara KAA tersebut, Kang Emil mengaku tidak khawatir akan dampaknya terhadap citra Bandung di mata internasional.

"Ah, enggak takut. Kan, itu hak semua orang, kan itu undangan, dia kan kita undang. Buruk tidak buruk bukan ukuran tidak diundang, itu kan relatif, ya," ujar dia.

Dalam acara diskusi tentang "smart cities" yang disponsori Kedutaan Besar AS tersebut, Ridwan Kamil cukup terlambat hadir karena harus memenuhi panggilan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas kemajuan Bandung dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah KAA ke-60.

"Insyaallah Bandung siap, tanggal 24 (April) Pak Presiden (Jokowi) akan saya minta untuk sekaligus meresmikan teknopolis," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.