Kota Banda Aceh Sambut Ramadhan 1436 H; Siap Gelar Tarthib

Kota Banda Aceh Sambut Ramadhan 1436 H; Siap Gelar Tarthib

Banda Aceh, Kabarindo- Ribuan peserta dari berbagai unsur di Kota Banda Aceh dipastikan akan memeriahkan pawai akbar Tarthib Ramadhan 1436 Hijriah yang akan mengelilingi ibu kota Provinsi Aceh itu.

Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Mairul Hazami di Banda Aceh, Selasa, mengatakan Tarthib Ramadhan digelar Kamis 11 Juni 2015.

"Kami mengundang seluruh unsur masyarakat, baik pelajar, ormas Islam, remaja masjid, hingga aparatur daerah untuk meramaikan Tarthib Ramadhan. Peserta yang diundang mencapai ribuan orang," kata Mairul Hazami.

Mairul Hazami menyebutkan, pawai akbar Tarthib Ramadhan ini mengambil start di Lapangan Blangpadang menuju Simpang Kodim, Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape, Simpang Lima, dan finis di Masjid Raya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kata dia, Tarthib Ramadhan untuk tahun ini dilakukan dengan berjalan kaki. Sedangkan tahun lalu menggunakan kendaraan bermotor.

"Tarthib ini dilaksanakan untuk mengabarkan kepada masyarakat bahwa bulan suci Ramadhan sudah tiba. Mari kita sambut Ramadhan dengan suka cita," kata Mairul Hazami.

Selain Tarthib Ramadhan, Pemerintah Kota Banda Aceh akan melaksanakan sejumlah kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadhan. Di antaranya, safari Ramadhan dan dialog dakwah Ramadhan.

"Safari Ramadhan, yakni tim dari pemerintah kota mengunjungi masjid-masjid untuk shalat tarawih. Biasanya, tim safari Ramadhan ini membawa bantuan untuk kemakmuran masjid dikunjungi," kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh Marwan.

Marwan mengatakan, safari Ramadhan dimulai di Masjid Almakmur, masjid agung Kota Banda Aceh. Selanjutnya, tim safari Ramadhan berkunjung ke masjid di desa-desa yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh.

"Dalam tim safari Ramadhan ini juga diikutsertakan seorang penceramah yang akan menyampaikan tausiah atau ceramah agama kepada jamaah shalat tarawih," kata Marwan seperti dilansir dari laman antaranews.