Kontingen Pemkab Sleman; Jadi Yang Terbaik

Kontingen Pemkab Sleman; Jadi Yang Terbaik

Sleman, DIY, Kabarindo– Kontingen Sleman “Punglor Ajaib” Berhasil meraih sebagai penyaji terbaik pada Seleksi Gelar Seni Pertujunkan tingkat DIY Tahun 2015 kemarin di Pendopo Dinas Kebudayaan Pemerintah Daerah DIY.

Sleman mampu menyisihkan 3 Kabupaten dan 1 kota se DIY. Penata tari kontingen Sleman Bramantyo Fendi Prastowo dan Penata iringan kontingen Sleman Fajar Sri Sabdono.

Atas prestasi tersebut Kabupaten Sleman akan mewakili DIY dalam event Gelar Seni Budaya Yogyakarta ke 15 dalam rangka Hadeging Nagari Ngayogyakarta ke 268 pada tanggal 1 November 2015 di TMII Jakarta.

Diselenggarakannya Seleksi Gelar Seni Pertunjukan tersebut merupakan ajang kompetisi bagi sebuah karya baru dengan berpijak pada seni tradisi yang ada di Yogyakarta, baik yang bersumber pada adat istiadat, mitos, legenda dan cerita rakyat.

Penyerahan kejuaraan disampaikan oleh Plh. Kepala Dinas Kebudayaan Setyawan Sahli, SE, MM. Adapun urutan kejuaraan Gelar Seni Pertunjunkan tersebut adalah Penyaji terbaik I Kabupaten Sleman, Penyaji terbaik II Kabupaten Bantul, Penyaji terbaik II Kabupaten Gunung Kidul dan Harapan I Kota Yogyakarta serta Harapan II Kabupaten Gunung Kidul Sedangkan Dewan Juri dalam penyelenggaraan ini yaitu Dr. Kuswawarsantyo, M.Hum., Dra. Setyastuti, M.Sn., Dra. Daruni, M. Hum., Sukoco dan RM. Kristiadi, S.Sn

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM mengungkapkan bahwa Seleksi Gelar Seni Pertunjunkan ini merupakan ajang yang cukup strategis bagi upaya revitalisasi, pelestarian dan peningkatan apresiasi dikalangan pelaku seni budaya maupun bagi masyarakat secara umum.

Dalam hal ini pemerintah tidak bisa secara terpisah melakukan upaya pelestarian seni budaya tanpa adanya peran aktif dari para stakeholder dan masyarakat umum. Pemerintah, stake holder dan masyarakat perlu secara terpadu dan sinergis membangun peradaban melalui pelestarian seni dan budaya yang ada di masing-masing daerah.