Konten Android; Kini Bisa Dinikmati Lewat Layar TV Resolusi 4K

Konten Android; Kini Bisa Dinikmati Lewat Layar TV Resolusi 4K

Surabaya, Kabarindo- Meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia dan kian meroketnya pamor sistem operasi Android mendorong PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) untuk terus menciptakan beragam inovasi teknologi.
 
SEID telah meluncurkan produk TV terbaru yang diintegrasikan dengan teknologi Android sehingga hiburan favorit masyarakat yang sebelumnya hanya dapat dijumpai pada smartphone, kini bisa dinikmati melalui layar TV yang lebih besar dan nyaman bersama seluruh keluarga.
 
Fumihiro Irie, President Director SEID, melihat meningkatnya minat pada situs online gratis di Indonesia. Hasil riset menunjukkan Indonesia menempati posisi pertama dalam kebiasaan menonton konten video seperti tayangan sepak bola maupun film dari situs online gratis yaitu sebesar 49%, mengungguli responden dari negara lain seperti Australia, Singapura dan India. Hanya 16% responden Indonesia yang memilih untuk menonton melalui TV kabel dan 12% yang menyaksikan melalui free-to-air TV. Kemudian sebanyak 43% responden lebih senang menyaksikan konten video melalui layar televisi. Hanya 29% yang memilih menonton melalui smartphone, 24% memilih laptop atau komputer dan 3% saja yang memilih tablet.
 
“Mengamati perilaku konsumen Indonesia yang unik, kami ingin ‘memindahkan’ konten favorit yang biasa dinikmati dari layar ponsel ke layar TV berteknologi Aquos,” tutur Irie pada Jumat (11/9/2015).
 
TV terbaru ini memiliki teknologi 4K dengan resolusi pixel 3,840 x 2,160 atau empat kali lipat dibandingkan TV Full High-Definition (HD) biasa, dengan reproduksi warna yang lebih kaya terutama merah dan hijau berkat fitur Rich Colour dan 4K Master Engine Pro, resolution converter yang mampu membuat gambar menjadi lebih tajam. Konsumen dapat menyaksikan gambar dengan detil yang sempurna dan nyaris tampak nyata.
 
Dengan Smart Remote yang dimiliki, impian masyarakat Indonesia untuk ‘berbicara’ dengan televisi akhirnya menjadi kenyataan. Konsumen tinggal menekan tombol mic pada Smart Remote dan TV pintar ini akan mengikuti instruksi yang diberikan, seperti browsing pada Google, mencari video atau film di YouTube, menemukan aplikasi favorit di Google Play dan sebagainya. Tak perlu khawatir bahasa tak terdeteksi karena fitur Google Voice Search didukung oleh 87 bahasa dengan tingkat akurasi yang mengagumkan. Selain mampu memahami kalimat, Smart Remote juga mampu menerjemahkan berbagai dialek daerah di seluruh dunia.
 
Tak hanya menerjemahkan perintah suara, Aquos 4K Android TV juga membuat pengalaman menonton bersama keluarga menjadi semakin menyenangkan berkat fitur Recommendation. Fitur yang muncul secara otomatis pada home screen ini akan menampilkan rekomendasi video, musik, games dan hiburan lainnya yang telah dipersonalisasi berdasarkan viewing history penggunanya sehingga tak perlu lagi membuang waktu untuk berselancar di dunia maya.
 
Selain itu, Aquos 4K Android TV akan memuaskan gamers karena dapat dinikmati untuk permainan konsol. Sebanyak empat controllers dapat dikoneksikan pada TV yang memungkinkan pengguna bermain game secara interaktif bersama anggota keluarga dan teman-teman dari layar TV yang besar, dengan kualitas grafis yang jauh melampaui smart TV lainnya. Tak perlu takut kehabisan games karena pengguna dapat menikmati ratusan games maupun aplikasi lainnya di Google Play yang jumlahnya tak terbatas dan akan terus bertambah dengan kualitas gambar yang telah disesuaikan untuk Android TV.
 
Herdiana Anita Pisceria, General Manager Divisi Product Planning SEID, mengatakan sejak tahun lalu, minat konsumen tanah air untuk kategori 4K tumbuh luar biasa. Pertumbuhannya mencapai 30 kali lipat. Sampai 2 tahun mendatang, pihaknya memproyeksikan tren ini akan tetap menunjukkan pertumbuhan di kisaran 20-30%.
 
“Produk ini menyasar keluarga usia 30-40 tahun di segmen menengah-atas yang melek teknologi. Tapi untuk membuat mereka membeli tetap dibutuhkan umpan yang kuat. Strategi kami lewat produk dengan fitur-fitur yang digemari, tapi dengan harga yang masuk akal,” ujarnya.
 
Herdiana menargetkan penjualan produk ini sebanyak 800 unit per bulan dengan capaian market share 10% di kategori 4K pada 2016.