Komunitas Motor Jakarta; Serukan Mudik Sehat

Komunitas Motor Jakarta; Serukan Mudik Sehat

Jakarta, Kabarindo- Sejumlah komunitas motor di Jakarta menggelar aksi simpatik mengampanyekan gerakan "Mudik Sehat" diperempatan Pangkalan Jati, Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu petang.

"Ruas Inspeksi Kalimalang ini merupakan pintu keluar pemudik dari Jakarta menuju Jawa Barat sehingga kami menggelar aksi di sini untuk kampanyekan mudik sehat dan aman," kata Harso Kurniawan ketua Independen Bikers Club di lokasi aksi, Sabtu.

Harso menjelaskan aksi yang dilakukan lima komunitas diantaranya Independent Bikers Club (IBC), Honda Vario Club (HVC), Mailing List Yamaha Scorpio (Milys), Kopdar Pengicau , dan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) juga membagikan 1.000 paket takjil dan flyer kepada para pemudik yang melintas kawasan itu.

Flyer yang dibagikan berisi tips mudik dan ajakan untuk tertib berlalu-lintas. Contohnya, pemudik diimbau untuk beristirahat ketika lelah dan kantuk menyerang.

"Konsep Mudik Sehat adalah mengedepankan perencanaan perjalanan yang baik, pengaturan istirahat yang memadai, hingga mengelola kebugaran tubuh sang pemudik secara prima.Prinsipnya, dalam perjalanan tetap sehat, sampai kampung halaman juga dalam keadaan sehat, dan kembali ke kota tempat tinggal juga dalam kondisi sehat," ujar Ketua Panitia Aksi Simpatik Sontry Napitulu di Jakarta, Sabtu (11/7).

Sebelumnya, pada 11 Juli 2015, koalisi ini menggelar diskusi bertajuk Manajemen Keselamatan Mudik bersama Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi).

Dalam diskusi itu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub memprediksi jumlah penumpang angkutan umum berjumlah 20.002.724 orang, 1.686.369 orang menggunakan mobil dan dan 2.022.343 pemudik sepeda motor.

Untuk itu mudik aman dan sehat perlu terus dikampanyekan mengingat puluhan juta pemudik berpotensi mengalami kecelakaan di jalan raya seperti dilansir dari laman antaranews.