Komodo 2016; Siap Dibuka Presiden RI Joko Widodo

Komodo 2016; Siap Dibuka Presiden RI Joko Widodo

Tanjung Priok, Jakarta, Kabarindo- TNI Angkatan Laut akan melaksanakan kegiatan multilateral angkatan laut terbesar tahun 2016.

"Kegiatan Angkatan Laut ini bertajuk Komodo 2016 dan akan diadakan pada tanggal 12 sampai 16 April 2016," kata Laksma TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S, selaku Komandan Satgas Komodo 2016 dalam paparannya terkait kegiatan tersebut di Geladak KRI Makassar di Tanjung Priok, Jakarta, Senin, 28/03/2016.

Acara yang akan dilaksanakan di Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat ini adalah merupakan kegiatan Angkatan Laut Internasional Terbesar yang akan melibatkan 35 Negara, diantaranya Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Japan, Korea Selatan, China, Netherland, New Zealand, USA, Singapore, Malaysia, Qatar, Rusia, dan lainnya.

Dalam paparan selanjutnya, Laksma TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S menjelaskan bahwa acara Komodo 2016 ini mempunyai 3 kegiatan yang terdiri dari International Fleet Review (IFR) 2016, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016, dan Western Pacific Naval Symposium WPNS).

"International Fleet Review (IFR) merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian pelaksanaan Komodo 2016. Dalam kegiatan ini kapal-kapal negara peserta akan lego jangkar di Perairan Teluk Bayur," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam kegiatan International Fleet Review, rencananya Presiden R.I Joko Widodo akan hadir dan membuka kegiatan tersebut. Dimana dalam pelaksanaan nanti, lanjut Laksma TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S, Presiden R.I akan melaksanakan fleet inspection ke kapal-kapal perang peserta IFR yang lego jangkar di Perairan Teluk Bayur tersebut.

Dan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) adalah latihan Multilateral yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut, dan giat ini dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun sekali, yakni  pertama kali dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2014 lalu, yang diikuti oleh negara-negara anggota Western Pacific Naval Symposium, Indian Ocean Naval Symposium dan negara sahabat lainnya.

Sedangkan kegiatan Western Pacific Naval Symposium sendiri adalah sebuah forum bagi para pemimpin angkatan laut negara-negara di kawasan Pacific yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1988, dan kegiatan pertemuan tersebut digelar setiap 2 tahun sekali, untuk mendiskusikan isi-isu strategis terkait permasalahan kemaritiman.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara jajaran angkatan laut di kawasan Pacific sebelah barat lewat forum diskusi. Dan tema WPNS ini adalah "Maritime Partnership For Stabilitas In Western Pacific Region"," jelas Komandan Satgas Komodo 2016.
Pada pertemuan/forum WPNS tahun 2016 ini, TNI Angkatan Laut akan menjadi tuan rumah yang ke lima belas, ungkapnya menutup paparannya dengan rekan-rekan media.