Kirab Budaya Raja Nusantara; Siap Digelar Minggu Di Monas

Kirab Budaya Raja Nusantara; Siap Digelar Minggu Di Monas

Jakarta, Kabarindo- Kirab budaya raja-raja Nusantara dalam rangkaian Pagelaran Agung Keraton se-Dunia "World Royal Heritage Festival" akan digelar pada Minggu (8/12) di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Para raja dan sultan yang mengenakan pakaian kebesaran kerajaan akan diarak menggunakan 30 kereta kencana dalam kirab budaya yang juga akan diikuti oleh para pangeran, ratu, putri, penglisir, panembahan dan pemangku adat itu.

Kirab akan dimulai pukul 15.00 WIB dengan rute dari Silang Monas Timur Laut lalu ke Jalan Medan Merdeka Utara, Lintas Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Lintas Balai Kota, dan berakhir di Silang Monas Tenggara.

"Kirab dibuka dengan pataka atau simbol-simbol kerajaan, lalu ada kentongan yang merupakan simbol komunikasi," kata Kanjeng Pangeran Haryo Adipati Djoyonagoro dari Forum Silaturahmi Keraton Nusantara.

"Lalu ada jaran kepang dan jathilan, prosesi Boyong Kedhaton yang merupakan prosesi yang dilakukan Pakubuwono II saat memindahkan keraton dari Kartosuro ke Solo," kata Haryo di Balai Kota seperti dilansir dari laman antaranews.