Kemtan RI; Gelar Anugerah Jurnalistik 2013

Kemtan RI; Gelar Anugerah Jurnalistik 2013

Jakarta, Kabarindo- Anugerah Jurnalistik Pertanian 2013 untuk ketiga kalinya digelar dengan rangkaian kegiatan lomba , yakni lomba penulisan artikel dan foto. 
Lomba yang ditutup akhir November 2013 dengan tema utama Petani Sejahtera Bangsa Berjaya berhadiah total 185 juta rupiah.

Untuk lomba penulisan artikel dibagi tiga kategori. Kategori pelajar SLTA , mahasiswa serta kategori wartawan/pers.  Bagi kategori pelajar dan mahasiswa artikel ditulis dikertas  ukuran A 4  berjarak 1,5 spasi. 

Sedang kategori wartawan/pers artikel harus dimuat di media cetak antara bulan januari sampai 10 November 2013. Syarat yang mesti dipenuhi dari lomba pertanian ini ialah peserta, tidak terkecuali wartawan/pers adalah perlu menyertakan identitas, yang dibuktikan dengan kartu pers, mahasiswa , pelajar yang masih berlaku.

Secara garis besar tema lomba ini menyangkut masalah  Sukses Pembangunan Petani dan  Revitalisasi Pertanian . Kedua masalah tersebut sejatinya berhubungan erat dengan berbagai persoalan , dan hal itulah yang hendaknya tertuangkan dalam  artikel. Persoalan pertanian yang erat dengan tema lomba meliputi : Swasembada berkelanjutan,  peningkatan diversifikasi pangan,  masalah lahan, sumber daya manusia,  kelembagaan  petani, pembiayaan petani , perbibitan, daya saing , infrastruktur, sarana, peningkatan kesejahteraan petani dan teknologi pertanian.

Untuk lomba foto, terdapat dua ketegori, yaitu bagi masyarakat umum dan kategori wartawan/pers.  Bagi ketegori wartawan/pers peserta harus fotografer yang masih aktif bekerja di media massa, dibuktikan dengan kartu pers yang masih berlaku. Sedang lomba foto kategori masyarakat umum , cukup melampirkan bukti identitas berupa KTP atau SIM.

Naskah yang dikirim, terutama bagi lomba penulisan artikel kategori wartawan/pers harus menyertakan bukti pemuatan atau kliping yang disertai dengan solf  copy. Seluruh peserta lomba diwajibkan pembuat surat pernyataan tidak keberatan bahwa  naskah atau karya menjadi milik panitia, yakni  Biro Umum dan Humas, Sekjen  Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Tanpa menghilangkan  Hak Cipta pembuat Karya.

Naskah dikirim ke Seketarian Lomba , Jalan L. Nomor 20 D, Cipinang Muara, Jakarta Timur 13420 atau melalui email apresiasipertanian 2013 @ yahoo. com. Mengenai dewan juri terdiri wartawan senior, praktisi pertanian, pelaku pertanian, akademisi pertanian dan melibatkan juri kalangan budayawan.