Kementerian BUMN; Percepat Pembangunan Tol Trans Sumatera

Kementerian BUMN; Percepat Pembangunan Tol Trans Sumatera

Bandarlampung, Kabarindo- Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M Soemarno.

Ia menegaskan, kementerian ini juga mendorong adanya percepatan pembangunan di Provinsi Lampung, seperti pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan pengerjaannya sedang dilakukan.

Menurut Rini, saat meninjau lokasi groundbreaking jalan tol Trans Sumatera di Sabahbalau, Lampung Selatan, Senin, jalan tol Trans Sumatera ini akan menjadi pokok poin bahwa BUMN juga turut membangun di Provinsi Lampung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Pembangunan tol Trans Sumatera ini diharapkan dapat menunjang laju percepatan pembangunan di Lampung dan daerah sekitarnya," kata dia.

Dengan kata lain, ia melanjutkan, dengan adanya jalan jalur cepat bebas hambatan itu, perputaran ekonomi masyarakat akan terus berlangsung dan pendistribusian hasil bumi bisa cepat sampai hingga ke tujuan.

Menteri BUMN itu memilih berjalan kaki menyusuri sekitar tiga kilometer ruas jalan tol Trans Sumatera yang telah dilakukan pembangunan tahap awal di Sabahbalau, Lampung Selatan.

Selain meninjau pembangunan ruas jalan tol Trans Sumatera, Rini juga menyerahkan secara simbolis bantuan laboratorium bagi 17 SMK berprestasi di Provinsi Lampung, delapan unit sarana air bersih, serta bedah rumah bagi 45 anggota veteran di daerah ini.

Berkaitan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, Rini menegaskan bahwa BUMN akan ada dan terus hadir bersama masyarakat di mana pun berada.

"Kami ingin masyarakat mengetahui bahwa BUMN ada di sekitar mereka, untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di negeri ini," ujarnya pula.

Sebelumnya, Koordinator BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Lampung, Firman menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 2.058 paket sembako murah yang tersebar di Provinsi Lampung.

"Kami juga memberikan bantuan beasiswa bagi 17 siswa berprestasi, sumur bor 8 titik di Lampung Selatan dan Lampung Timur, serta bedah rumah 45 veteran, sesuai perayaan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945," kata dia lagi.

Ia juga menyebutkan, panitia BUMN Hadir Untuk Negeri di Lampung juga menggelar pemutaran film layar tancap di ruas jalan tol Trans Sumatera yang sedang dikerjakan di Bakauheni (Lampung Selatan)-Terbanggi Besar (Lampung Tengah) pada Minggu (16/8) malam, pukul 20.00 WIB.

Pada Senin, panitia menggelar upacara bendera peringatan Proklamasi RI di halaman PT Pos Indonesia di Bandarlampung, jalan sehat Minggu (16/8), serta berbagai lomba melibatkan masyarakat di Sabahbalau lokasi jalan tol Trans Sumatera yang sedang dikerjakan di Bakauheni (Lampung Selatan)-Terbanggi Besar (Lampung Tengah) seperti dilansir dari laman antaranews.