Kemenparekraf; Targetkan Transaksi Rp22 Miliar Di TIME

Kemenparekraf; Targetkan Transaksi Rp22 Miliar Di TIME

Padang, Kabarindo- Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan transaksi mencapai Rp22 miliar pada ajang Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2013 yang digelar di Hotel Grand Inna Muara Padang, 19-21 Oktober.

"Untuk pergelaran TIME atau pasar wisata Indonesia 2013 ini, kita menargetkan transaksi penjualan mencapai Rp22 miliar," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Indonesia, Sapta Nirwandar, di Padang, akhir pekan ini.

Dijelaskannya, target yang dicanangkan tersebut berdasarkan banyak pihak pembeli yang diundang dari 27 negara serta penawaran produk paket wisata dari Tanah Air yang beraneka ragam.

Ia mengatakan, banyak pihak pembeli yang ikut berpartisipasi pada ajang tersebut, memperbesar peluang terjadinya peningkatan transaksi dibandingkan pada ajang sama di Lampung pada 2012.

"Pada TIME di Lampung, transaksi mencapai 17 miliar dan hanya mendatangkan pihak pembeli sebanyak 60 perusahaan, di tahun ini banyak negara yang ikut berpartisipasi dan kemungkinan peningkatan transaksi terus meningkat," katanya.

Ia menambahkan, selain itu Sumbar sebagai kota peyelenggara juga menjadi poin penting dalam peningkatan transaksi TIME, selain kembali berkembangnya daerah itu dalam segi wisata, Sumbar juga sudah terkenal dengan event balap sepedanya, yakni Tour de Singkarak.

"Event balap sepeda internasional Tour de Singkarak menjadikan daerah ini dikenal banyak negara, dan itu menjadi poin penting dalam promosi wisata daerah," katanya.

Sapta mengatakan, 81 penjual paket wisata yang ikut dalam TIME 2013 juga menjadi kombinasi yang baik dalam penawaran berbagai produk paket wisata tanah air.

Selain itu pada TIME ini juga dilibatkan jurnalis wisata internasional yang nantinya seluruh karya tulisnya tentang Sumbar bisa menjadi sarana promosi wisata Indonesia.

Ia mengimbau, seluruh pihak penjual paket wisata, menawarkan produknya dengan sebaik mungkin, sehingga peningkatan transaksi di TIME bisa meningkat setiap tahunnya.