Kemendikbud; Sambut HUT SEAMEO Ke-50

Kemendikbud; Sambut  HUT SEAMEO Ke-50

Kemendikbud, Jakarta, Kabarindo- Organisasi menteri-menteri pendidikan di Asia Tenggara atau Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO).

SEAMEO adalah merupakan organisasi regional yang berkomitmen dan konsisten dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya.


SEAMEO berdiri sejak tahun 1965, dan saat ini keanggotaan SEAMEO terdiri dari 11 Negara Anggota di Asia Tenggara, dan terbagi menjadi 2 group negara anggota yakni 8 negara anggota Asosiasi dari seluruh dunia dan 4 negara anggota affiliasi.


Awalnya SEAMEO dibentuk oleh 6 negara, yaitu Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Indonesia, yang mana pada tanggal 30 November 1965, Menteri Pendidikan dan pejabat tinggi dari negara-negara Asia Tenggara berkumpul untuk melakukan pertemuan di Bangkok, Thailand.

Pertemuan 6 negara tersebut, bersepakat dalam mengembangkan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, keahlian dan mendiskusikan serta menangani isu-isu pendidikan untuk manfaat umum dari setiap negara di Asia Tenggara, dan saat pertemuan itulah 6 negara membentuk organisasi regional Asia Tenggara dengan nama SEAMEO.


Telah 50 tahun SEAMEO hadir dan memberikan kontribusi serta kemajuan dalam bidang pendidikan, budaya dan ilmu pengetahuan di Asia Tenggara.
Oleh karena itu, untuk memperingati keberadaan dan berdirinya SEAMEO.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menggelar konferensi pers terkait Hari Ulang Tahun (HUT) SEAMEO Ke-50 dan peluncuran tiga program unggulan SEAMEO di Asia Tenggara.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan, mengatakan bahwa eksistensi SEAMEO selama 50 tahun ini, adalah merupakan langkah visioner dimana Asia Tenggara dipadukan melalui bidang pendidikan, dan hampir segala bentuk kerjasama selalu melintasi batas-batas kepentingan setiap negara, kata Mendikbud.
Disamping itu keberadaan SEAMEO, tentunya untuk meningkatkan kapasitas dari para tenaga pendidik yang ada di Asia Tenggara.

Selama perjalanannya 50 tahun ini, SEAMEO sudah menghasilkan banyak capaian, seperti sudah adanya 21 jaringan institusi spesialis atau center SEAMEO di seluruh Asia Tenggara, diantaranya di Indonesia sendiri ada 6 center yaitu antara lain SEAMEO Southeast Asian Regional Center for Tropical Biology (BIOTROP), SEAMEO Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Lenguage, SEAMEO QITEP in Mathematic, SEAMEO QITEP in Science dan SEAMEO Regional Centre for Food and Nutrition (RECFON), jelas Anis Baswedan pada penjelasannya kepada wartawan siang ini di ruang BSD Kemendikbud lantai 2, Sudirman, Jakarta Pusat.


Adapun yang akan turut hadir pada puncak acara peringatan dan perayaan HUT SEAMEO Ke-50, yang diselenggarakan di Jakarta, diantaranya para Direktur SEAMEO Sekretariat, para pejabat pemangku kepentingan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para duta besar dari negara anggota SEAMEO, perwakilan dari negara afiliasi, dan perwakilan dari partner SEAMEO.
Dengan keberadaannya dan kerjasama yang telah terjalin di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya di Asia Tenggara,  SEAMEO pada usianya ke-50 ini, tetap terus memberikan kontribusinya dan peningkatan pada bidang pendidikan, yaitu dengan meluncurkan tiga program unggulan, yakni ;  Pertama, program SEAMEO Smart City yaitu program yang memanfaatkan pembelajaran digital melalui Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di sekolah, dengan menekankan pada kreativitas dan kolaborasi,  Kedua, program SEAMEO Star Village yaitu pengembangan model pembangunan berkelanjutan berbasis pada pemberdayaan masyarakat,  dan Ketiga, program coffee table book dengan judul Membangun Warisan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan di Asia Tenggara, seperti buku tentang Prestasi dan Enam SEAMEO Center di Indonesia, yang mana buku tersebut, berisi tentang napak tilas dari enam center SEAMEO Indonesia dan berikut pencapaian program unggulan SEAMEO baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara.
Perayaan HUT SEAMEO akan berlangsung selama 2 hari (7 & 8 Oktober 2015) di Kemendikbud R.I.

Dengan Indonesia sebagai tuan rumah, diharapkan pada HUT ke-50 ini, kedepan SEAMEO mampu mewujudkan penguatan karakter dan kemampuan Guru/tenaga pendidik di  Indonesia dan di Asia Tenggara, serta Indonesia siap menuju Masyarakat Ekonomi Asean yang maju, berkarakter dan berkepribadian sebagai wujud nyata pembangunan masyarakat dunia, khususnya Asia Tenggara yang berpendidikan, berbudaya dan berkualitas.


Selamat HUT SEAMEO Ke-50, Kerja sama Pendidikan, adalah Kesuksesan Setiap Negara.