Kemendag RI Siap Rangkul BNP2TKI; Jadikan TKI Sebagai Duta Perdagangan

Kemendag RI Siap Rangkul BNP2TKI; Jadikan TKI Sebagai Duta Perdagangan

PressRoom Kemendag RI, Jakarta, Kabarindo- Ada yang menarik dari fakta bahwa TEI 2014 siap di gelar.

Oktober mendatang akan dihelat di areal seluas 40.000 m2 dan di ikuti sekitar 2000 peserta pameran dengan terget pengunjung sebanyak 10.000 orang lebih banyak dari tahun lalu hanya berkisar 9000  orang dari 100 Negara.

Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari komoditas ekspor utama, dan produk ekspor lainnya. Selain produk utama dan prospektif, akan ditampilkan pula produk dari bidang jasa dan tenaga kerja terlatih, seperti jasa profesi, dan hospitality termasuk keikutsertaan dengan paviliun yang lebih besar dari BNP2TKI untuk potensi tenaga kerja formal dan terlatih.

Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi saat dikonfirmasi dengan kenaikan perdagangan produk-produk lokal dari Indonesia di Hong Kong yang baru saja disambangi oleh redaksi menyatakan bahwa betul kehadiran para TKI dan masyarakat Indonesia yang belajar atau bekerja di luar negeri ikut mempromosikan produk-produk makanan, kosmetik termasuk beberapa kuliner/F&B nasional.

"Tidak hanya Hong Kong dan Macau tapi juga Turki termasuk Arab Saudi. Pasar noodless atau mie instan memang meroket dan ternyata keberadaan TKI atau masyarakat Indonesia yang ada di negara-negara tersebut sangat massive memperkenalkan produk-produk Indonesia. Dari awal mereka membawa mie instant, sambel, kecap dalam kemasan termasuk kosmetik ke negara tersebut. Apalagi majikan para TKI mempertanyakan dan ikut menikmati mie instan tersebut ternyata disukai sehingga betul sekali terjadi lonjakan dan kemendag sudah menjalin kerjasama dengan BNP2TKI menjadikan Business Conseleur dari kalangan TKI," papar Bayu lugas mengamini temuan redaksi.

Ada istilah Consolidated Eksporter, artinya dalam 1 kontainer berisi 100-150 item mulai mie instant, kecap sampai plester luka berada dalam satu listing barang-barang yang diekspor.

Itu menjadi peluang usaha go international bagi produk-produk Indonesia menjangkau dunia internasional. Apalagi dari pengamatan redaksi yang melihat begitu massive produk-produk dalam negeri di warung Chandra sampai supermarket Indomarket yang ada di Causewaybay Hong Kong.

Bayu berjanji untuk membicarakan lagi ide brilyan untuk memberikan pembekalan kepada para TKI sebelum berangkat sebagai Duta Perdagangan atau Business Conseleur terhadap produk-produk dalam negeri kepada pihak BNP2TKI dibawah kepemimpinan baru, Gatot Abdullah M.


Bravo..............!