Kelas Pagi Jakarta; Gelar Pameran Klenik Mulai Hari Ini

Kelas Pagi Jakarta; Gelar Pameran Klenik Mulai Hari Ini

Jakarta, Kabarindo- Kelas pagi Jakarta adalah sekolah fotografi gratis yang berdiri sejak tahun 2006 dan hingga kini telah melahirkan 8 angkatan.

Kelas pagi Jakarta memulai pelajaran di mulai dari pukul 06.00 pagi. Awal maret yang lalu, kelas pagi jakarta angkatan 8 memulai kegiatan belajar mengajarnya.

Dalam jangka waktu 3 bulan siswa siswi kelas pagi jakarta telah mengadakan serangkaian pameran gerilya dengan beragam tema di beberapa area pulik terbuka di Jakarta. Kini tiba waktunya bagi siswa siswi kelas pagi Jakarta angkatan 8 untuk mempresentasikan karya terbaiknya selama proses pembelajaran yang didapat selama 3 bulan dalam sebuah pameran besar pertama kelas pagi Jakarta angkatan 8  dengan tema “Klenik”.

Dipapar seperti dikutip dari rilis yang diterima bahwa melihat klenik sebagai bentuk dari kebudayaan yang entah bagaimana masih tetap lestari hingga hari ini. Hal-hal klenik seperti pusaka, primbon, jimat, santet, teluh, jelangkung dan lain sebagainya masih banyak kita temui disekitar kita. Bahkan diera serba digital seperti sekarang juga masih banyak yang percaya pada dunia perdukunan untuk melanggengkan ambisi atau sekedar untuk melindungi diri dari marabahaya, konon. Dengan mengangkat tema “klenik”, kami berusaha menelusuri dan memaknai ulang dunia klenik lewat seni fotografi.
Pameran fotografi klenik ini bukan pameran foto hantu, ditegaskan bahwa tidak menampilkan foto genduruwo, kuntilanak, sundelbolong, wewegombel atau hantu-hantu para kolonial lainnya.

Karya fotografi yang kami tampilkan adalah pengejewantahan sudut pandang masyarakat dari kelas-kelas tertentu tentang dunia klenik.

Pameran ini akan dibuka pada tanggal 8 juni 2014 dan akan berlangsung sampai dengan tanggal 14 juni 2014. Acara ini  bertempat di d’Gallerie Jl. Barito 1 No. 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Pameran ini akan dibuka dan diresmikan oleh Anton Ismael selaku pendiri dan pengajar kelas pagi Jakarta. Di pembukaan pameran juga akan diisi oleh pemutaran video dari kelas pagi Jakarta angkatan 8, serta penampilan band kopitiam dan band dari kelas pagi sendiri.

Selama 1 minggu kami akan menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti artist talk yang akan ada setiap harinya, Pemutaran film dan diskusi “Biola Tak Berdawai” bersama Sekar Ayu Asmara pada tanggal 9 juni 2014, pertunjukan Wayang Beber pada tanggal 12 juni 2014, serta workshop photography “Portraiture” bersama Marrysa Tanjung Sari serta  talkshow “klenik” bersama Herdian Maulana (dosen psikologi UNJ) dan Rommo Dony R pada tanggal 13 juni 2014.

Pameran fotografi “klenik” adalah persembahan kami bagi negeri, sumbangan bagi budaya, usaha kami mengetengahkan yang marjinal dan cara kami menampilkan yang tersembunyi.

Bravo...........!