Kelas Inspirasi Surabaya; Ajak Jadi Guru Sukarela

Kelas Inspirasi Surabaya; Ajak Jadi Guru Sukarela

Surabaya, Kabarindo- Kelas Inspirasi (KI) Surabaya mengajak kalangan profesional untuk bergabung dalam Kelas Inspirasi Surabaya 3 untuk menjadi guru sehari di Sekolah Dasar (SD).
 
Kegiatan ini merupakan yang ketiga kali setelah sukses dengan Kelas Inspirasi (KI) Surabaya 2 pada 11 November 2013. Untuk itu dibuka pendaftaran hingga 17 Agustus 2014 melalui website www.kelasinspirasi.org.

“Kami membutuhkan relawan pengajar, fotografer dan videografer yang akan menjadi tim dokumentasi kegiatan ini,” ujar Koordinator Kelas Inspirasi Surabaya 3, Nadia Chrisanti pada Selasa (8/7/2014).

Ia mengatakan, dibutuhkan sekitar 1.500 para pekerja profesional sebagai relawan dari 27 kota di Jawa Timur untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka akan mengajar secara serentak di 27 kota di Jawa Timur pada Senin 29 September 2014.

Kelas Inspirasi bersifat sukarela dengan meminta kepada para relawan untuk cuti saat hari mengajar pada 29 September 2014. Mereka juga diminta menghadiri pembekalan, melakukan observasi ke sekolah serta menghadiri sesi refleksi dan evaluasi.

“Para relawan diharapkan mempersiapkan materi dengan sungguh-sungguh,” ujar Nadia.

Ia menjelaskan, Kelas Inspirasi tak sekadar menjadi ajang berbagi semangat berjuang mencapai cita-cita dan pengetahuan profesi dalam satu hari. Kegiatan tersebut juga menjadi kesempatan silaturahim antara penggerak pendidikan di sekolah dengan kalangan profesional.

Kelas Inspirasi kali pertama dihelat di Jakarta pada 25 April 2012 yang diusung dan dikelola secara mandiri oleh para relawan di berbagai kota. Gerakan ini diharapkan terus tumbuh di kalangan masyarakat sebagai wahana aktivitas yang melibatkan lebih banyak pihak dalam rangka memajukan pendidikan Indonesia bersama-sama.

“Sudah saatnya para profesional turut mengambil peran dalam pendidikan anak bangsa,” ujar Nadia.