Kebun Raya Bogor; Menuju Usia Dua Abad

Kebun Raya Bogor; Menuju Usia Dua Abad

Bogor, Jawa Barat, Kabarindo - Manajemen Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya-LIPI bersiap menyambut peringatan dua abad atau 200 tahun Kebun Raya Bogor yang jatuh pada 18 Maret 2017.

"Rencananya peringatan dua abad Kebun Raya Bogor dirayakan dengan penuh makna, sambil mengekspos kebun raya ke dunia internasional," kata Koordinator Perayaan 200 Tahun Kebun Raya Bogor Arief Muchris di Bogor, Minggu.

Menurut dia, bakal ada pertunjukkan spektakuler memperingati dua abad Kebun Raya Bogor dan menjadi pertunjukan istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya yang di antaranya dimeriahkan oleh orkestra pimpinan Adi MS.

Manajemen sudah mengundang  berbagai kalangan mulai dari pemerintahan, pebisnis, ilmuan dan aktivis lingkungan tingkat nasional dan internasional.

"Pada peringatan dua abad ini, kami mengubah pola komunikasi menjadi lebih ramah dan fleksibel, merevitalisasi pelayanan publik seperti dalam pengelolaan kebersihan dan pelayanan perpustakaan," kata Arief.

Menurut Arief, momen 200 tahun akan menjadi pintu masuk perubahan bagi Kebun Raya Bogor. Dalam usia dua abad, kebun raya sudah harus menjadi subjek lebih aktif dan komunikatif sehingga tidak hanya menjadi objek pariwisata semata.

"Kebun Raya Bogor bukan sekedar tempat rekreasi keluarga, sejatinya sebagai tempat edukasi, konservasi, hingga pusat budaya tentang kebogoran," kata Arief. "Akan ada lomba maraton dan rangkaian kegiatan lainnya, art action berupa pengumpulan sampah dilakukan oleh pengunjung dan diberikan pelatihan mendaur ulang yang akan dilaksanakan 25 Februari nanti."

Juga akan diluncurkan perangko khusus anggrek dari 34 provinsi di Indonesia. Perangko akan dirilis serentak di seluruh Indonesia.

Prangko ini adalah edisi spesial untuk acara world stamp exhibition" di Bandung yang akan dilaksanakan Agustus mendatang seperti dilansir dari laman antaranews.