Kebun Raya Bogor; Masih Jadi Incaran Wisnus

Kebun Raya Bogor; Masih Jadi Incaran Wisnus

Bogor, Kabarindo- Kebun Raya Bogor yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat, menjadi salah satu incaran pengunjung dalam mengisi libur Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah/2015, tercatat puluhan ribu pengunjung memadati kebun seluas 84 hektar itu selama tiga hari terakhir.

Aliya (35) warga Tanggerang, saat ditemui di Bogor, Senin, mengajak suami beserta dua anaknya dan tetangganya untuk berlibur ke Kebun Raya Bogor, mereka berencana mengisi liburan dengan makan atau piknik bersama.

"Ngajak anak liburan ke Kebun Raya Bogor paling dekat dan paling hemat, makan bersama bekal dari rumah," kata perempuan berjilbab itu.

Ibu dua anak itu berangkat dari rumahnya di wilayah Tanggerang dari pukul 10.00 WIB menggunakan kereta api. Ia sampai di Stasiun Besar Bogor sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelum berangkat ke Kebun Raya, ia mengajak suami beserta anaknya untuk beristirahat dan shalat di Masjid At Taqwa Balai Kota Bogor.

"Rencananya mau berjalan kaki ke Kebun Raya Bogor melalui pintu empat yang terletak di samping Kantor Pos Jalan Juanda," katanya.

Menurut Aliya, untuk pertama kalinya mereka ke Kebun Raya Bogor menggunakan transportasi publik kereta api. Bila dibandingkan menggunakan bus, lebih hemat menggunakan kereta api dan lebih cepat.

Ia menjelaskan, naik kereta per orang cukup membayar Rp7.000 dari Tanggerang ke Bogor. Sedangkan naik bus bisa mencapai Rp100 ribu per orang. Bus yang lebih hemat, mereka harus estafet dengan biaya Rp50 ribu.

"Lebih hemat naik kereta cuma tujuh ribu sampai Bogor. Pulang pergi berarti Rp14 ribu per orang. Kalau naik bus macet dan mahal," katanya.

Aliya sengaja mengajak kedua anaknya ke Kebun Raya Bogor, selain untuk mengisi libur Lebaran mengenalkan kebun raya juga mengajarkan anaknya untuk terbiasa naik kereta api.

Selama libur Lebaran, Kebun Raya Bogor terus dipadati pengunjung. Pada hari H Idul Fitri Jumat (17/7), jumlah pengunjung sebanyak 4.546 orang. Jumlah tersebut meningkat di hari Sabtu (18/7) sebanyak 13.869 pengunjung.

Pada hari kedua libur Lebaran yakni Minggu, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor melonjak cukup signifikan mencapai 25.133 orang. Hingga hari ketiga libur jumlah pengunjung masih di angka puluhan ribu, yakni sebanyak 22.501 orang seperti dilansir dari laman antaranews.