Kasdam Jaya Jayakarta; Gelar Upacara Komando Operasi Pengamanan KTT OKI

Kasdam Jaya Jayakarta; Gelar Upacara Komando Operasi Pengamanan KTT OKI

Cililitan, Jakarta, Kabarindo- Konferensi Tingkat Tinggi OKI ke V  tinggal menghitung hari.

Indonesia sebagai tuan rumah dalam perhelatan Tingkat Internasional ini,  telah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan para tamu pimpinan negara dan undangan dari beberapa negara anggota OKI, termasuk dalam hal kesiapan dan kesiagaan pengamanan wilayah penyelenggaraan acara KTT tersebut.

Kepala Staf Komando Daerah Militer Jaya Jayakarta (Kasdam Jaya), Brigjen Inf. Ibnu Triwidodo, yang menjabat sebagai Dansatgaspangwil, Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah pada KTT OKI ini, kemarin menggelar upacara pasukan gabungan TNI-Polri untuk mempersiapkan tugas komando operasi pengamanan KTT di Lapangan Makodam, Cililitan, Jakarta, akhir pekan ini.

Komando Satuan Tugas Operasi Pengamanan Wilayah yang dipimpin oleh Kasdam Jaya ini akan  mempersiapkan dan merencanakan strategi keamanan yang akan dilakukan pada acara KTT OKI 2016 di Jakarta.

"Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi  OKI ini digelar untuk mempersiapkan pengamanan VVIP, VIP tamu negara yang mengikuti KTT. Ini merupakan langkah lanjutan untuk mengetahui kesiapan personil yang dilakukan untuk pengamanan KTT OKI." ujar Kasdam dalam pidato sambutannya di hadapan jajaran peserta upacara yang terdiri dari personil TNI-Polri di Lapangan upacara  Kodam Jaya Jayakarta.

Kasdam dalam kesempatannya juga menjelaskan bahwa untuk kesiapan  pasukan dalam pelaksanaan pengamanan KTT OKI akan dikerahkan sebanyak 360 pasukan yang tergabung dalam Angkatan Darat, Polisi, Paskhas, Polisi Militer serta jajaran prajurit Kodam Jaya, lanjutnya.

Tugas Pengamanan ini adalah sebagai wujud bentuk tanggung jawab negara terhadap mata dunia internasional dalam memberikan pengamanan terhadap Presiden, Kepala negara serta peserta KTT ini, dan pengamanan ini akan dititikkan di lokasi acara dan tempat penginapan para tamu dan undangan negara dimana mereka akan menginap.

"Ada tiga tugas yang akan dilakukan oleh personil gabungan TNI-Polri ini  dalam operasi pengamanan KTT OKI, yakni pertama, pengamanan venue atau obyek OKI, kedua, pengamanan tempat penginapan atau akomodasi, ada 17 tempat penginapan yang disediakan, dan yang ketiga, pengamanan route pergerakan tamu negara dari satu titik ke titik kegiatan mulai dari kedatangan dari Bandara sampai ke tempat penginapan hingga ke tempat kegiatan OKI dan ke tempat lainnya," jelas Kasdam Jaya saat dijumpai rekan-rekan media usai melakukan pemeriksaan dan penataan tugas sebelum hari H nanti.
Jadi kesiapan apa saja yang kiranya kurang ya kita akan siapkan dan kita lengkapi, tambah Kasdam Jaya.

Dalam waktu yang sama Kasdam Jaya juga mengatakan bahwa kegiatan kita hari ini adalah bagian dari perencanaan Kooppam, Komando Operasi Pengamanan OKI, yang berada dibawah Pangkoopsat, yakni Pangdam Jaya Jayakarta.

Kita juga melakukan persiapan penghalusan penguatan penugasan masing-masing satuan tugas, orang per orang, dari titik ke titik, untuk siap siaga melakukan pengamanan dan pengawasan secara proporsional, jawab  Kasdam Jaya saat menjawab salah satu pertanyaan rekan media terkait sampai sejauh mana kesiapan dan pelaksanaan satuan tugas personil pengamanan KTT OKI tersebut.

Kasdam Jaya berharap dalam pelaksanaan pengamanan perhelatan internasional ini, dapat berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan apapun.

"Tugas pengamanan ini bukan saja tugas kami, tapi kami mengajak masyarakat untuk juga turut serta dalam menyukseskan KTT OKI ke V ini, dengan ikut menjaga keamanan di setiap wilayah masing-masing," tutup Kasdam Jaya.


TNI-POLRI Siap Sukseskan KTT OKI ke V 2016......