Karawang 2015; Canangkan Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon

Karawang 2015; Canangkan Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon

Karawang, Kabarindo- Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mencanangkan Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan "Karawang Hijau".

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) setempat Setya Dharma mengaku optimistis kegiatan Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon bisa terlaksana hingga sepuluh tahun ke depan.

"Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon ini tidak akan menggunakan APBD Karawang. Anggarannya diusahakan berasal dari partisipasi seluruh lapisan masyarakat," katanya, di Karawang, Jumat.

Ia mengaku akan menyusun regulasi yang mewajibkan warga negara asing dan orang luar Karawang yang bekerja di daerah setempat untuk menyerahkan sejumlah pohon kepada Pemkab Karawang sebelum mendapat izin kerja.

Pemkab juga akan membuat aturan bagi pasangan yang mau menikah untuk menyumbang pohon. Begitu juga kepada siswa yang akan masuk sekolah, juga akan diwajibkan untuk menyumbang pohon.

"Regulasinya masih dalam kajian. Pastinya, semua masyarakat akan dilibatkan dan diberi pengertian tentang pentingnya pohon bagi kehidupan bersama," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga perlu mendapat dukungan dari kalangan pengusaha. Sebab perkembangan industri di Karawang mengakibatkan semakin tingginya tingkat polusi.

Menurut dia, pihak perusahaan pada dasarnya memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga lingkungan hidup. Hal terkecil yang perlu dilakukan ialah dengan menanam pohon.

Atas hal tersebut, katanya, partisipasi perusahaan diperlukan untuk memuluskan kegiatan Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon selama sepuluh tahun ke depan.

Ia mengaku sudah berkomunikasi kepada kalangan pengusaha yang ada di Karawang. Secara umum, kalangan pengusaha itu mendukung kegiatan yang canangkan BPLHD Karawang seperti dilansir dari laman antaranews.