KPK Gandeng Universitas Halu Oleo; Gelar Kerja sama Cegah Korupsi

KPK Gandeng Universitas Halu Oleo; Gelar Kerja sama Cegah Korupsi

Kendari, Kabarindo- Komisi Pemberantasan Korupsi dan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menjalin kerja sama dalam melakukan pencegahan korupsi di daerah itu.

Pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja, di Kendari, Rabu mengatakan, pihaknya terus melakukan pemberantasan korupsi secara masif dan tidak hanya berupa penindakan, namun juga melalui tindakan preventif berupa pencegahan.

"Dalam tahun ini kita akan membuat program-program dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi bersama rektor UHO,"ujarnya.

Ia menambahkan, nota kesepahaman mengenai program pemberantasan korupsi tersebut akan difokuskan dalam bentuk program pencegahan, Mengingat Universitas Halu Oleo sebagai salahnsatu kampus ternama di Sultra dan sebagai pencetak pemimpin-pemimpin baru.

Dalam Kesempatan tersebut, Pimpinan KPK itu juga mengapresiasi semangat civitas akademika UHO dalam melakukan pencegahan Korupsi.

"Semoga melalui kampus ini dapat menciptakan generasi yang bersih dari tindak korupsi,"ujarnya.

Sementara itu, Rektor UHO Usman Rianse mengatakan dengan kerja sama tersebut nantinya akan memudahkan koordinasi dan supervisi terhadap pencegahan korupsi, sehingga membantu melakukan pencegahan awal terhadap tindak pidana korupsi.

"Kita harus membuat perubahan besar, dengan mencegah seseorang melakukan perbuatan yang salah dan tidak melakukan korupsi,"ujarnya.

Ia menambahkan, pencegahan korupsi sebenarnya sudah terintegrasi dengan kurikulum di UHO, namun ke depan akan lebih terintegrasi lagi dengan adanya kerja sama dengan KPK tersebut.

"Pencegahan korupsi tidak perlu kita jadikan mata kuliah. Jadi kita akan buat seperti kewirausahaan, mahasiswa kita beri dana kemudian kita ajari bagaimana mempertanggungjawabkan anggaran tersebut. Dengan hal-hal seperti ini saya yakin kita bisa mencegah korupsi," ungkapnya seperti dilansir dari laman antaranews.