KASAD, Mulyono; Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-64

KASAD, Mulyono; Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-64

Cijantung, Jakarta, Kabarindo- Akhir pekan ini, Sabtu 16/04/2916, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) genap peringati hari jadinya yang ke-64.

Peringatan HUT Kopassus ini diawali dengan upacara militer yang dipimpin oleh Kepala Staff TNI Angkatan Darat (Kasad) Letjen TNI Mulyono.

"Selamat memperingati hari jadi Komando Pasukan Khusus, Kopassus yang ke 64 kepada seluruh jajaran prajurit Korps Baret Merah dimanapun berada," ucap Kasad  dalam sambutannya selaku inspektur upacara di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Di tahun 2016 ini, Kopassus mengusung tema “Melalui Hari Ulang Tahun Ke-64 Kopassus, Kita Tingkatkan Loyalitas, Moralitas dan lntegritas Guna Mewujudkan Prajurit Kopassus yang Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Tampak hadir dalam Peringatan HUT Kopassus ke-64 yang jatuh tepat pada tanggal 16 April ini, antara lain  Menkopolhukam R.I, Luhut B. Pandjaitan,  Menteri Pertahanan R.I, Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala BNPT, Tito Karnavian dan jajaran pimpinan perwira tinggi TNI serta para sesepuh dan purnawirawan TNI yang pernah menjabat/mantan Komandan Korps Baret Merah (Danjen Kopassus) diantaranya Jenderal TNI (Purn) Widjoyo Soejono,  Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhi Wibowo, Letjen TNI (Purn) Sintong Pandjaitan, Letjen TNI (Purn)  Kentara, Letjen TNI (Purn) Tarub, Mayjen  (Purn) Muchdi PR, Letjen TNI (Purn) Syahrir MS, Letjen TNI (Purn) Syaiful Rizal, Mayjen  (Purn) Sriyanto, Mayjen  (Purn) Soenarko,  Letjen TNI (Purn) Lodewijk F. Paulus,  Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo, Mayjen  (Purn) Wisnu Bawa, Mayjen  (Purn) Doni Monardo, dan kurang lebih ada 1.000 tamu undangan yang turut menghadiri HUT Korps Baret Merah hari ini.

Adapun para peserta dalam upacara HUT Kopassus ke-64 tahun ini, berasal dari seluruh satuan jajaran Kopassus, baik Grup 1 Kopassus Serang, dan Grup 2 Kopassus Kartosuro, serta Grup 3 Kopassus Cijantung dan Sat 81 Cijantung.

Bertindak sebagai Komandan upacara HUT Kopassus ke-64 kali ini, yaitu Kolonel Inf Dedy Prasetyo, lulusan Akademi Militer 1994.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan demonstrasi beladiri Yong Moodo, Taekwondo dan Merpati Putih dan diakhiri dengan demonstrasi terjun payung bebas (free fall).

Setelah demostrasi, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang diawali dengan peresmian Wind Tunnel Pusdiklatpassus Kopassus sebagai sarana fasilitas pendidikan dan Iatihan bagi prajurit Kopassus dalam terjun payung.

Kemudian diikuti dengan pemotongan tumpeng oleh Panglima TNI yang diberikan kepada prajurit Kopassus yang terbaik, masing-masing kepada Serka Zulkarnain yang berhasil merangkul tokoh separatis gerakan bersenjata Papua untuk kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan Sertu Dessy yang banyak menjuarai kejuaraan terjun payung hingga tingkat dunia.

Acara syukuran dilanjutkan dengan hiburan yang diisi oleh para penyanyi terkenal Yuni Sara, dan kawan-kawan serta pelawak Cak Lontong.