KADIN Indonesia; Siap Gelar Munas Ke-VIII

KADIN Indonesia; Siap Gelar Munas Ke-VIII

Kuningan, Jakarta, Kabarindo- Berdasarkan Ketentuan UU.No. I/87, tentang terkait AD/ART pasal 17, ayat 7, butir a, soal penunjukkan Plh (Pelaksana Harian) dan AD pasal 38 ayat 3 butir (a), yang mengharuskan dilakukannya Munas untuk pergantian pengurus.

Hari ini tanggal 18 Oktober 2015, Kadin menggelar Konferensi Pers terkait kesiapan Munas Kadin yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 22 Oktober 2015. Parhelatan Munas Kadin akan digelar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pergantian kepengurusan kelembagaan adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh kelembagaan ataupun organisasi dan hal itu juga merupakan agenda kelembagaan dalam menjalankan kinerja dan manajemennya secara baik dan teratur, yang mana hal tersebut bertujuan agar kedepan lembaga atau organisasi dapat memenuhi dan mencapai tujuan sesuai dengan arah visi dan misi dan perubahan serta perkembangan yang ada saat ini.

Kadin (Kamar Dagang Indonesia ), yang merupakan wadah organisasi dari setiap pelaku industri komersial/pengusaha yang ada di Indonesia, melaksanakan pergantian kepengurusan, sebagaimana dimaksud hal tersebut diatas.

Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Kadin ke -VIII tahun 2015 ini, adalah merupakan sebagai pintu masuk untuk melakukan perubahan di dalam tubuh organisasi ini.

Ini adalah agenda rutin dan reguler, bukan munaslub atau sebagainya, dan ini momen yang harus dilakukan oleh Kadin, ujar H.Zainal Bintang pada konferensi persnya di salah satu ruangan lantai 2, Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan.

Munas Kadin ini digelar, mengingat akan pentingnya kepemimpinan organisasi ini, karena disebabkan posisi atau jabatan Ketua Umum Kadin Indonesia yang kosong saat ini, hal tersebut dikarenakan DR. Rizal Ramli yang pada saat itu menjabat sebagai Ketum Kadin Indonesia periode 2013-2018, dimana dalam masa perjalanan tugasnya tidak sampai akhir masa tugasnya, hal tersebut disebabkan karena DR.Rizal Ramli pada tanggal 12 Agustus 2015 telah dipercaya oleh Presiden R.I, Ir. Joko Widodo untuk menjabat Menko Maritim Republik Indonesia, ungkap H.Zainal Bintang, selaku Plh (Pelaksana Harian) Ketua Umum Kadin yang ditunjuk oleh Rizal Ramli sejak 17 Juli 2015, dimana berselang 2 hari, DR.Rizal Ramli mengundurkan diri secara resmi, tepatnya tanggal 19 Juli 2015.

H.Zainal Bintang sendiri sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Informatika dan Komunikasi Kadin Indonesia.
Seiring waktu berjalan dan dinamika yang ada,  seluruh pengurus Kadin Indonesia berinisiasi dan bersepakat untuk melakukan perubahan dan pergantian kepengurusan Kadin Indonesia sesuai aturan AD/ART yang berlaku.

Melalui agenda dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kadin, baik itu Rapimnas (tanggal 3-5 September 2015) dan disusul kegiatan Rakernas pada tanggal 28 September 2015 yang saat itu dihadiri oleh 34 pengurus Kadin Provinsi dan kurang lebih 150 Asosiasi, Kadin Indonesia bersepakat untuk menciptakan semangat dan orientasi baru. Hal tersebut diwujudkan dengan melahirkan semangat KADIN PARADIGMA BARU, dimana itu sebagai bukti besarnya tuntutan arus perubahan dari masyarakat yang ditandai dengan lahirnya pemerintahan baru Jokowi -Jk saat ini.

Semangat KADIN PARADIGMA BARU tersebut bertujuan untuk mendorong tekad para pelaku usaha anggota Kadin Indonesia untuk segera melakukan konsolidasi internal yang intensif dan membangun orientasi baru Kadin Indonesia ke depan, agar menjadi kekuatan sentral pergerakan dan pembangunan ekonomi nasional, yang berbasis kerakyatan sesuai bunyi pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

Diharapkan nantinya bagi pengurus baru yang terpilih di Munas Kadin ke-VIII ini, dapat menjalankan kewajiban dan konsistensinya sesuai Semangat Kadin Paradigma Baru, yang tercermin dalam program  Nawacita Jokowi-JK dan Trisakti, yakni, berdaulat didalam politik, berdikari di bidang Ekonomi dan berkepribadian di dalam budaya, jelas lanjut H.Zainal Bintang, melanjutkan penyampaian pernyataan persnya tentang kesiapan Munas Kadin ke-VIII besok.

Ada beberapa nama bakal calon Ketua Umum yang akan dicalonkan nantinya pada Munas Kadin 2015 ini, diantaranya ada nama Oesman Sapta, dan lain- lainnya. Menurutnya, apabila besok tidak ada halangan, Munas akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, ucapnya.

Kadin Paradigma Baru Untuk Indonesia Yang Lebih Maju.