KA Mutiara Selatan; Tambah Kelas Eksekutif

KA Mutiara Selatan; Tambah Kelas Eksekutif

Surabaya, Kabarindo- PT Kereta Api Indonesia (KAI) meningkatkan pelayanan bagi masyarakat kota Malang dan Surabaya yang ingin berpergian menuju Solo-Yogyakarta-Kutoarjo-Banjar hingga Bandung ataupun sebaliknya.
 
Gatut Sutiyatmoko, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, mengatakan PT KAI menambah kelas eksekutif untuk KA Mutiara Selatan mulai Senin, 13 Maret 2017 nanti. KA ini melayani rute Malang-Surabaya Gubeng-Bandung.
 
Sebelumnya KA Mutiara Selatan hanya memiliki kelas bisnis. Mulai 13 Maret, akan ada kereta eksekutif. Susunan keretanya menjadi dua kelas, kelas eksekutif dan kelas bisnis. Hal ini untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat pengguna KA Mutiara Selatan.
 
“Dengan adanya dua kelas tersebut akan memberikan pilihan kepada penumpang,” ujar Gatut.
 
Ia menambahkan, selama ini, rangkaian KA Mutiara Selatan terdiri dari 6 kereta bisnis. Dengan penambahan kelas eksekutif, rangkaiannya menjadi 3 kereta kelas eksekutif dan 4 kereta kelas bisnis.
 
Kelas eksekutif mempunyai kapasitas tempat duduk lebih sedikit dibandingkan kelas bisnis. Pada kelas eksekutif hanya terdapat 50 tempat duduk, sedangkan di kelas bisnis terdapat 64 tempat duduk. Pada kelas bisnis, posisi tempat duduk tidak bisa diatur dan tidak terdapat pemisah dengan tempat duduk lain. Di kelas eksekutif, tempat duduknya bisa disesuaikan, terdapat sandaran kaki dan terdapat pemisah antara satu tempat duduk dengan lainnya.
 
Harga tiket untuk kelas eksekutif mulai Rp.365.000 dan kelas bisnis mulai Rp.270.000. Untuk pemesanan tiket, bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan dan pembeliannya bisa dilakukan di gerai-gerai mini market tertentu, agen-agen yang telah bekerja sama atau secara online salah satunya melalui aplikasi KAI Access.
 
KA Mutiara Selatan rute Malang-Bandung berangkat dari Stasiun Malang pukul 16.20, Surabaya Gubeng pukul 19.00 dan tiba di Stasiun Bandung pukul 09.59. Sedangkan KA Mutiara Selatan rute Bandung-Malang berangkat dari Stasiun Bandung pukul 16.50, singgah di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.20 dan tiba di Stasiun Malang pukul 09.35.