KA Jarak Jauh; Siap Singgah Di Stasiun Wonokromo

KA Jarak Jauh; Siap Singgah Di Stasiun Wonokromo

Surabaya, Kabarindo- PT kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya penumpang KA jarak jauh yang akan mengakhiri perjalanan di Stasiun Wonokromo.
 
Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sumarsono, mengatakan mulai 7 Juli 2015, kedatangan KA jarak jauh akan singgah di Stasiun Wonokromo.
 
“Kebijakan tersebut untuk memudahkan penumpang KA jarak jauh yang turun di Stasiun Wonokromo karena tinggal di daerah Surabaya selatan dan sekitarnya. Juga untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Gubeng Surabaya, khususnya waktu kedatangan KA jarak jauh,” ujarnya.
 
Ada  14 perjalanan KA jarak jauh dari berbagai kota yang akan singgah di Stasiun Wonokromo yaitu Sancaka Pagi dan Sancaka Sore, Mutiara Timur Siang, Mutiara Timur Malam dan Mutiara Selatan, Sarangan Ekspres, Jayabaya, Gayabaru Malam Selatan, Pasundan, Sri Tanjung dan Logawa.
 
Selain itu, Daop 8 mengubah jam operasional pemesanan tiket kereta api di loket stasiun mulai 1 Juli 2015 yaitu pukul 09.00-16.00 dengan waktu istirahat pukul 12.00-12.45. Kebijakan ini berlaku di semua stasiun online yang melayani pemesanan tiket KA. Di luar jam tersebut, loket di stasiun hanya melayani pembelian untuk keberangkatan langsung.
 
Sumarsono mengatakan, PT KAI tidak menghapus layanan pemesanan tiket KA di loket stasiun, hanya membatasi jam operasional. Di luar jam tersebut, masyarakat yang ingin memesan tiket KA bisa memanfaatkan layanan pemesanan di channel eksternal, lewat online ataupun agen resmi, minimarket, kantor pos dan ATM.

Di wilayah Daop 8, ada 41 stasiun online yang melayani pemesanan tiket KA. Saat ini, masyarakat yang memesan tiket KA melalui channel eksternal lebih banyak dari pada yang memesan di loket stasiun.