Jumlah penumpang Di Hang Nadim Batam; Kembali Melonjak

Jumlah penumpang Di Hang Nadim Batam; Kembali Melonjak

Batam, Kabarindo- Penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, pada Sabtu pagi hingga siang kembali melonjak jumlahnya menjelang berakhirnya musim liburan Tahun Baru 2016.

"Hari ini kembali padat. Perkiraan kami total penumpang bisa mencapai di atas 20.000 orang. Padahal pada hari biasa hanya berkisar 14.000 orang," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, jumlah penumpang yang pergi dan yang tiba di Batam sepanjang Sabtu jumlahnya hampir sama.

"Warga Batam banyak yang berlibur atau mudik ke kampung halaman. Batam juga merupakan salah satu tujuan wisata, jadi penumpang yang berangkat atau tiba kami perkirakan hampir sama," katanya.

Suwarso mengatakan, dominasi penumpang yang tiba di Batam berasal dari Medan, Pekanbaru, Surabaya dan Jakarta.

Untuk penumpang yang meninggalkan Batam, jumlah mereka lebih merata baik dengan tujuan Sumatera daratan, Pulau Jawa, maupun wilayah di Pulau Kalimantan.

Meskipun sejak pagi Batam diguyur hujan ringan hingga lebat, Suwarso mengatakan, kondisi tersebut belum mengganggu jadwal penerbangan di Hang Nadim yang rutin berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Sejauh ini masih lancar. Kami terus memantau dan berkoordinasi dengan BMKG meningat kondisi bisa sewaktu-waktu berubah," kata Suwarso.

Saat puncak arus sebelum Natal 2015 jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sempat menyentuh angka 23.000 penumpang per hari.

Otoritas Bandara Hang Nadim awalnya hanya memprediksi kenaikan sekitar 10 persen saat musim libur Natal dan Tahun Baru, namun kenyataannya jumlah sempat mencapai lebih dari 70 persen pada 23 Desember 2015.

"Hari ini dan besok Minggu diperkirakan jumlah penumpang masih terus tinggi. Mengingat pada Senin (4/13) baik perkantoran maupun sekolah sudah aktif seperti biasa," demikian Suwarso seperti dilansir dari laman antaranews.