Jokowi Siap Bangun Jalan; Jadi Akses Ke Relokasi Pengungsi Sinabung

Jokowi Siap Bangun Jalan; Jadi Akses Ke Relokasi Pengungsi Sinabung

Kabanjahe, Sumut, Kabarindo- Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan, jalan menuju relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di kawasan hutan produksi di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara akan secepatnya dikerjakan.

Usai meninjau pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Gedung KNPI Jalan Pahlawan dan Universitas Karo (UKA) Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Rabu, Presiden Jokowi mengatakan panjang jalan yang akan dibuka di daerah relokasi tersebut sekitar 6,5 kilometer.

Tempat relokasi bagi para pengungsi erupsi Gunung Sinabung, menurut dia, termasuk kawasan agropolitan di Kabupaten Karo.

"Daerah tersebut harus dijadikan tempat relokasi bagi para pengungsi erupsi Gunung Sinabung," ujar Jokowi.

Presiden menyebutkan, telah memerintahkan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Winston P Simanjuntak untuk segera membangun jalan ke lokasi yang akan dijadikan tempat tinggal pengungsi Sinabung.

"Jalan menuju kawasan hutan produksi tersebut secepatnya dikerjakan, sehingga dapat ditempati pengungsi erupsi Gunung Sinabung," kata Presiden Jokowi.

Jarak 7 Kilometer
Data yang diperoleh, kawasan hutan produksi yang akan dijadikan tempat relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung berada di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Tempat daerah relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung hanya berjarak lebih kurang 7 kilometer dari Kota Kabanjahe, Ibu kota Kabupaten Karo.

Luas lahan yang akan dijadikan tempat tinggal bagi pengungsi Sinabung sekitar 30 hektare dan daerah perladangan adalah 450 hektare.

Sedangkan, jumlah pengungsi Sinabung yang akan direlokasi sebanyak 1.700 kepala keluarga (KK) berasal dari Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sukameriah seperti dilansir dari laman antaranews