Jokowi Lantik Walikota Jakarta Utara Baru; Di Waduk Cincin

Jokowi Lantik Walikota Jakarta Utara Baru; Di Waduk Cincin

Jakarta, Kabarindo-  Gubernur Joko Widodo (Jokowi).

Ia melantik Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono di Waduk Cincin Utara, Jalan Bisma Timur, Papanggo, Jakarta Utara, Senin.

"Mengapa pelantikan ini dilakukan di area Taman BMW, karena lokasi ini sudah 11 tahun bermasalah dan sampai detik ini belum bisa diselesaikan. Oleh sebab itu tugas walikota Jakarta Utara yang baru untuk menyelesaikan secepatnya masalah yang ada di sini," kata Jokowi saat melantik wali kota baru di Waduk Cincin, Senin.

Jokowi juga berpesan agar Heru yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) tersebut lebih fokus pada masalah relokasi warga Waduk Pluit.

Rencananya, tahun ini akan kembali dilakukan relokasi warga yang masih bertahan di bantaran Waduk Pluit. Dari 7.000 Kepala Keluarga (KK) yang ada di sana, Jokowi baru berhasil merelokasi 1.800 KK.

"Ini jadi tanggung jawab walikota lagi dengan pendekatan-pendekatan yang baik tidak dengan cara-cara represif. Saya tidak mungkin tiap hari turun ke bawah," kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan agar wali kota baru bisa menyelesaikan masalah pembebasan lahan di kawasan Merunda yang akan banyak dibangun rumah susun (rusun).

"Konsentrasi tiga hal ini agar jadi catatan bagi Wali Kota Jakarta Utara yang baru. Seluruh Wali Kota harus mulai masuk ke masalah-masalah inti yang ada di wilayah masing-masing. Urusannya bukan tahun lagi, tapi hari atau bulan harus bisa diselesaikan," katanya.

Jika ketiga hal tersebut bisa diselesaikan maka akan mengubah wajah Jakarta Utara. Termasuk pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah itu.

Pelantikan Heru Budi Hartono dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan jajaran pejabat DKI Jakarta serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti dilansir dari laman antaranews.