Jawa Timur; Paling Diminati Wisatawan Nusantara

Jawa Timur; Paling Diminati Wisatawan Nusantara

Jakarta, Kabarindo-  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu.

Ia mengatakan sampai triwulan pertama 2013, Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara (wisnus).

"Berdasarkan provinsi, tujuan yang paling banyak dikunjungi wisnus adalah Provinsi Jawa Timur. Ini menunjukkan provinsi ini yang paling banyak diminati wisnus," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin kemarin.

Pihaknya mencatat Provinsi Jawa Timur sampai triwulan pertama tahun ini telah dikunjungi sebanyak 10,52 juta wisnus.

Selanjutnya disusul Jawa Barat 8,04 juta, Jawa Tengah 7,55 juta, DKI Jakarta 3,32 juta, dan Sumatra Utara 2,70 juta wisnus.

"Kami berharap akan ada lebih banyak provinsi yang berkembang dari sisi pariwisata sehingga juga diminati tidak hanya oleh wisnus tetapi juga wisman," katanya.

Mari Elka Pangestu sendiri yakin target pergerakan 250 juta wisnus sampai tutup tahun ini akan tercapai.

Menteri berharap semakin banyaknya kegiatan pada musim liburan akan mampu mendongkrak mobilisasi wisnus di Tanah Air.

Apalagi pendapatan per kapita yang mengindikasikan semakin banyaknya jumlah masyarakat kelas menengah, menurut dia, dari tahun ke tahun terus meningkat.

Hal itu menjadi salah satu pendorong semakin tingginya pergerakan jumlah wisnus di Indonesia.

Sebelumnya, pihaknya juga memantau pengunjung obyek wisata pada Hari H hingga H+3 libur Lebaran 2013 (1434 H) di sejumlah obyek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat.

"Kami mencatat pengunjung di sejumlah obyek wisata favorit meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Ia mencontohkan, pengunjung Taman Safari Indonesia tercatat sebanyak 56.144 orang atau meningkat 0,14 persen dibandingkan periode yang sama Lebaran tahun 2012, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebanyak 234.738 pengunjung atau naik 14,58 persen, Monumen Nasional (Monas) 46.409 pengunjung atau naik 15,22 persen, dan Candi Borobudur sebanyak 135.031 pengunjung atau naik 10,62 persen.