Jawa Barat; Punya 3 Lokasi Andalan Wisata

Jawa Barat; Punya 3 Lokasi Andalan Wisata

Bandung, Kabarindo- Jawa Barat sedang memilih tiga destinasi wisata berskala internasional berikut  kegiatan promosinya.

"Jabar tengah menyiapkan tiga titik destinasi skala internasional. Lokasinya di kota atau kabupaten yang unik di Jawa Barat serta event untuk promosinya," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Rabu malam.

Daerah yang akan dijadikan destinasi wisata tersebut akan mendapat alokasi anggaran dari Pemprov Jabar, untuk kegiatan dan promosinya.

"Kami belum menerima laporan data dari tim yang dibentuk untuk mencari daerah destinasi tersebut dengan keunikannya karena memang syaratnya harus unik," katanya.

Ia menyebut calon destinasi baru itu adalah wisata dan olahraga kedirgantaraan paralayang di Batu Dua Sumedang, Ciletuh dengan geopark di Sukabumi atau Green Canyon di Karawang Selatan serta Pangandaran dengan pantai dan goanya.

"Geopark seperti di Ciletuh tak ada duanya di dunia, kalau Pangandaran akan dilihat Goa mana yang eksotis dan bisa dikembangkan," katanya.

Untuk ajang internasional di Jawa Barat, baru terlaksana Gotra Sawala di Cirebon dan Bandung International Digital Art Festival (BIDAF) di Bandung. Di Bogor nanti akan ada acara musik dari berbagai genre.

"Purwakarta bisa dikembangkan dengan festival unik daerah itu, dukungan masyarakat sudah bagus, tinggal pengemasannya agar memiliki international value," katanya.

Sementara itu, di Karawang rencananya akan dilaksanakan event Festival Gokar (Goyang Karawang).

"Untuk persiapan destinasi wisata internasional ini, Bandara bertaraf internasional di Kertajati juga akan dioperasikan pada 2017," kata Deddy Mizwar seperti dilansir dari laman antaranews.