Jaringan XL; Siap Sukseskan Event Tambora Menyapa Dunia

Jaringan XL; Siap Sukseskan Event Tambora Menyapa Dunia

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. siap ikut menyukseskan event “Tambora Menyapa Dunia” di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam rangka memperingati 200 tahun erupsi Gunung Tambora, yang merupakan letusan gunung terbesar dan terdahsyat di dunia dalam 300 tahun terakhir.
 
VP East Region XL, Desy Sari Dewi, mengatakan XL terus memperluas jaringan dan meningkatkan kualitasnya di Sumbawa. Untuk itu, modernisasi jaringan di Sumbawa menjadi prioritas agar mampu memberikan kontribusi bagi aktivitas ekonomi masyarakat maupun pemerintah daerah setempat dalam membangkitkan dunia pariwisata.
 
“Gunung Tamboro menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sumbawa yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. ‘Tambora Menyapa Dunia’ menjadi sarana untuk mempromosikan pariwisata Sumbawa dan NTB. Kami berkomitmen untuk mendukung event ini,” ujarnya pada Rabu (8/4/2015).
 
Dalam “Tambora Menyapa Dunia” diadakan berbagai agenda berskala internasional yang mencapai puncaknya pada 11 April 2015. Diperkirakan event ini akan dihadiri oleh sekitar 15 ribu wisatawan domestik maupun mancanegara.
 
Pada akhir Februari  lalu, XL telah bekerja sama dengan kalangan dunia pariwisata NTB untuk mempromosikan pariwisata dengan antara lain menyediakan layanan digital untuk promosi. Hal ini diharapkan dapat mengangkat potensi ekonomi daerah, terutama melalui industri pariwisata.
 
Desy mengatakan, lebih dari 90% pengguna layanan seluler di NTB merupakan pelanggan XL. Jaringan backbone XL melintasi daerah ini yang tersambung dengan jaringan utama ke pulau-pulau utama lainnya.
 
Ia menyebutkan, XL memiliki lebih dari 400 BTS (Base Transceiver Station) 2G dan 3G di Sumbawa untuk mendukung layanan data dalam mempromosi pariwisata di sini. Terdapat lebih dari 1.600 BTS XL di seluruh NTB, 600 di antaranya adalah BTS 3G.
 
Di seluruh Indonesia, XL diperkuat oleh lebih dari 52 ribu BTS 2G/3G. Juga memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau utama di Indonesia.